4.7/5 - (8 votes)

Deskripsi Buku Bertumbuh

Judul Buku : Bertumbuh

Penulis : Satria Maulana dkk

Penerbit : IDS

Tahun Terbit : 2015

Jumlah Hlm : – Halaman

Genre : Self-Improveent

Pengalaman Membaca Buku Bertumbuh

Quarter Life Crisis

Itulah istilah yang paling mewakili buku Bertumbuh. Buku Bertumbuh sangat cocok untuk dibaca oleh para kaum-kaum muda—terutama yang sedang mengalami QLC (Quarter Life Crisis). Ditulis oleh para lima penulis muda. Di antara lima penulis tersebut yaitu Kak Satria (Satria Maulana), Mas Gun (Kurniawan Gunadi), Kak Iqbal (Iqbal Hariadi), Mbak Uti (Mutia Prawitasari) dan yang terakhir adalah Kak Novie (Novie Octaviane Mufti).

Pada awalnya, mereka mulai meniti karier kepenulisan dari platform Tumblr. Mereka seringkali menceritakan kegalauan dan keresahan anak muda yang sedang bingung akan menjalani kehidupan seperti apa ke depannya, akan menjadi apa di masa yang akan datang, dan akan dijalani dengan cara apa nantinya. Alhasil, mereka berinisiatif untuk berkolaborasi menuliskan pengalaman masing-masing dalam satu buku.

 Alih-alih menuliskan pengalamannya dengan nada seperti menceramahi, justru hampir seluruh judul di buku ini diceritakan oleh masing-masing penulis dengan tanpa terdengar menceramahi. Semacam menasihati dengan cara tidak menasihati. Memberikan hikmah-hikmah agama tanpa terdengar seperti ustaz yang sedang berceramah di majelis.

Pesan dalam Buku Bertumbuh

Bertumbuh mengajak para pembaca untuk semakin menengok ke dalam diri, terus bertumbuh, berkembang dan menjadi besar. Bukan besar kepalanya, namun besar ilmunya, besar amalnya, besar hatinya, besar cita-citanya, besar cintanya, besar ikhtiarnya, besar tawakalnya, besar ikhlasnya, sabarnya dan syukurnya. Dan yang paling penting, Bertumbuh mengajak pembaca untuk tidak iri dengan pertumbuhan orang lain.

Tidak seperti novel yang lebih seru jika dibaca dalam sekali duduk, menurut saya buku ini tidak cocok untuk diteguk dalam sekali tegukan. Sebab, pada setiap ceritanya kita akan menemukan pelajaran-pelajaran yang harus direnungi terlebih dahulu sebelum memasuki cerita lain. Harus diteguk dengan pelan-pelan, seperti meneguk kopi panas yang baru saja diseduh oleh barista dengan penuh cinta.

Untuk covernya sendiri, lebih apik cover yang kedua sih, daripada cover yang pertama. Sebuah jalan di dalam hutan yang rimbun dengan pepohonan. Kita seperti disuruh untuk bertumbuh seperti pohon-pohon besar di hutan. Yang akhirnya akan mengakar kuat ke dalam, dan menjulang tinggi menuju langit.

Rating Bertumbuh

Tentu akan saya beri bintang sebanyak lima bintang. Sebab sejujurnya, saya sangat suka sekali dengan buku ini! Terima kasih untuk kakak-kakak yang menulis buku ini. Semoga ke depannya menciptakan karya-karya yang lebih hebat dan lebih keren!