5/5 - (5 votes)

Deskripsi Singkat Novel Eliana

Judul Buku          : Novel Eliana

Penulis                 : Tere Liye

Penerbit              : Republika

Tahun Terbit      : 2018

Jumlah Hlm         : 420 Halaman

Genre                   : Novel

Toko Buku Online“Aku, Eliana si anak pemberani, anak sulung Bapak dan Mamak yang akan menjadi pembela kebenaran dan keadilan. Berdiri paling gagah, paling depan.” Buku ini tentang Eliana, si anak pemberani yang membela tanah, sungai, hutan, dan lembah kampungnya. Saat kerakusan dunia datang, Eliana bersama teman karibnya bahu-membahu melakukan perlawanan. Dari puluhan buku Tere Liye, serial buku ini adalah mahkotanya.”

Sinopsis Buku Si Anak Pemberani

Sekarang, kita telah sampai pada review dari novel serial anak mamak karya tereliye yang keempat. Di judul yang telah di-retitle menjadi Si Anak Pemberani ini, Tere Liye menggambarkan sosok dari seorang Eliana, si anak sulung yang memiliki karakter galak kepada adik-adiknya. Membaca buku ini berulang tidak membuat saya menjadi bosan. Saya tetap saja diselimuti haru biru. Untuk kamu yang ingin bernostalgia, mengingat kenangan-kenangan masa kanak-kanak, serial anak mamak memang salah satu alternatif bacaan yang santai dan seru.

Apalagi buku ini adalah buku dengan pasar pembaca yang luas. Baik anak-anak, remaja bahkan orang tuapun tetap bisa dinikmati. Buku ini sebenarnya tak beda jauh dengan judul buku sebelumnya—sebelum di re-title. Namun di buku yang terbaru, Tere Liye tidak menyisipkan cerita mengenai pertemuan kedua orang tuanya, Mamak dan Bapak seperti di judul yang sebelumnya—Eliana.

Kesan Membaca Novel Eliana

Review Novel Eliana Karya Tere Liye
Foto dari IG @books. arimbi

Sosok Eliana mengajarkan saya bahwa menjadi anak sulung—yang seringkali dituntut untuk menjadi teladan, ternyata tidak selalu enak. Mungkin orang-orang menganggapnya enak karena bisa menyuruh-nyuruh dan meminta tolong kepada adik-adik ini itu.

Namun nyatanya, dari kacamata Eliana sendiri, dia agak sedikit kesal menjadi anak pertama. Sebab, anak pertama seringnya juga diberikan tanggung jawab untuk mengurus dan memberikan contoh-contoh baik kepada adik-adiknya. Apalagi adik-adiknya adalah adik yang bisa dibilang bandel, nakal dan bebal. Dan seringnya, ketika adik bersalah, yang disalahkan malah kakaknya.

Banyak sekali kisah-kisah haru dan penanaman nilai moral yang ada dalam buku Si Anak Pemberani. Eli juga mengajarkan saya bahwa jujur adalah hal utama yang harus ditanamkan di keluarga. Dalam keadaan apapun, jangan sampai kita mencuri.

Kesimpulan

Oh iya. Meski Eli digambarkan sebagai sosok kakak yang galak, namun ternyata ia memiliki hati yang penuh dengan kasih sayang. Eli bahkan sempat merasa bersalah ketika ia berprasangka buruk kepada mamaknya dan akhirnya menyesal kemudian meminta maaf.

Kelak, Eli telah sampai pada cita-citanya. Ia kemudian mendapatkan lisensi praktik pengacara di usia yang muda. Bahkan Eli telah membuka kantornya sendiri ketika Pukat dan Burlian masih sibuk kuliah di luar negeri.

Buat kamu yang menjadi sosok anak sulung, buku ini sangat recommended sekali!

Lihat Juga : Review Buku Jalan Cinta Para Pejuang