5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Beberapa orang tertarik dengan Jurusan Sastra Jepang biasanya dikarenakan, sejak awal mereka menyukai hal-hal berbau Jepang, yang mendunia. Mulai dari musik Jepang, Bahasa Jepangnya sendiri, hingga serial anime-anime yang menarik. Selain itu, prospek kerja sastra jepang cukup luas.

Budaya Jepang memang tinggi sekali peminatnya. Jadi tak heran jika banyak orang yang tergila-gila tentang segala hal yang berkaitan dengan Jepang.

Lihat Juga : 7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik

Peluang Kerja Jurusan Sastra Jepang

Nah, ketika kita membicarakan mengenai jurusan kuliah, tentu saja tidak akan jauh pembahasannya dengan yang namanya prospek atau peluang kerja. Dan kabar baiknya, peluang karier jurusan Sastra Jepang ternyata besar di masa depan.

Mulai dari menjadi penulis, hingga bahkan bisa menjadi tour guide.

Pertanyaannya adalah: sebenarnya apa saja sih peluang kerja Jurusan Sastra Jepang yang berpeluang tinggi untuk ditempati?

Berikut ini adalah prospek kerja jurusan Sastra Jepang yang mungkin bisa kamu tempati karena memiliki peluang tinggi sukses di masa depan:

1. Menjadi Seorang Penulis

Prospek kerja pertama bagi kamu para lulusan Sastra Jepang yaitu bahwa kamu memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penulis.

Di zaman digital seperti ini, banyak perusahaan yang membutuhkan mahasiswa lulusan Sastra Asing, termasuk Sastra Jepang loh, ternyata. Mereka dibutuhkan untuk menjadi content writer atau copywriter.

Atau kalau tak menjadi content writer, kamu bisa menjadi blogger dengan menulis segala hal yang telah kamu pelajari selama di perkuliahan.

2. Menjadi Editor

Foto dari Elemen Envato

Sebagai lulusan Sastra Jepang, kamu juga berkesempatan bekerja sebagai seorang editor. Baik itu di radio, di televisi, di majalah-majalah ataupun di website-website penerbitan.

Kamu bisa menjadi editor karya-karya yang berhubungan dengan Bahasa Jepang. Juga informasi dan berita yang berkaitan dengan Jepang.

Untuk gaji, jangan ditanya, ya. Editor gajinya lumayan gedhe loh!

3. Menjadi Pengajar Bahasa Jepang

Prospek kerja jurusan sastra Jepang berikutnya buat para lulusan Sastra Jepang yaitu menjadi pengajar. Baik mengajar di universitas sebagai dosen. Ataupun menjadi guru Bahasa Jepang di sekolah-sekolah.

Jika memang kamu tertarik untuk menjadi seorang pengajar di universitas, tentu saja kamu harus meneruskan pendidikanmu hingga jenjang master atau bahkan doktor.

Untuk masalah gaji pengajar biasanya berkisar 4-5 juta. Namun, ini belum termasuk tunjangan lainnya. Jadi kemungkinan akan lebih dari gaji pokok.

Baca Juga : Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

4. Bekerja Sebagai Penerjemah

Tak bisa dipungkiri. Jurusan Sastra Jepang ternyata memberimu kesempatan buat para mahasiswa lulusan Sastra Jepang untuk bekerja menjadi penerjemah.

Untuk menjadi penerjemah, kamu tak hanya menjadi penerjemah dalam bentuk tulisan saja, tapi dalam bentuk lisan juga.

Berbicara gaji atau honor, biasanya penerjemah bergantung jam terbang yang sudah dijalani sebelumnya. Juga, kemahiran tentu saja.

5. Menjadi Seorang Sastrawan Jepang

Prospek kerja jurusan Sastra Jepang selanjutnya yaitu kamu bisa menjadi seorang sastrawan. Tak. dapat dipungkiri lagi, yang namanya anak sastra, memang paling cocok untuk terjun ke dunia sastra untuk menjadi sastrawan handal.

Kamu bisa menjadi seorang cerpenis Jepang, atau mungkin novelis dalam Bahasa Jepang.

Memang sih, profesi sebagai sastrawan Jepang bukan hal mutlak bagi lulusan. Sastra Jepang. Tapi, yang namanya jurusan sastra, bukankah sejak awal yang dipelajari adalah ilmu sastra itu sendiri?

6. Bekerja Sebagai Tour Guide

Jika kamu anak lulusan Sastra Jepang, kamu juga berkesempatan loh, buat mengembangkan sayap kariermu di dunia. pemandu wisata. Atau istilahnya adalah tour guide.

Kamu bisa menjadi pemandu wisata untuk para turis yang berasal dari Jepang. Ini merupakan peluang kerja jurusan Sastra Jepang yang terhitung menjanjikan.

Untuk masalah gaji. Bahkan jika keahlianmu mahir berbahasa dan memandu tentu uang yang kamu peroleh juga akan semakin besar dong!

Setelah Lulus Dari Jurusan Sastra Jepang

Setelah lulus kuliah nanti, kamu bisa memilih beberapa profesi yang sudah dijelaskan di atas. Sebenarnya selain ketujuh profesi tersebut, masih banyak lagi profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan sastra Jepang.

Sehingga bagi lulusan SLTA, tidak usah perlu ragu lagi untuk memilih program studi Sastra Jepang. Karena peluang kerjanya sangat terbuka lebar.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan Sastra Jepang yang mungkin menjanjikan di masa depan. Kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

Artikel Lainnya : 7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek