5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Kehidupan manusia tidak bisa lepas dari hasil pertanian. Mulai dari makan hingga kebutuhan sandang. Hampir semuanya adalah hasil produksi dari pertanian. So, tidak menutup kemungkinan peluang dan prospek kerja teknologi hasil pertanian terbuka lebar.

Tak aneh jika manusia mempelajari ilmu pertanian. Sebenarnya, ada banyak jurusan pertanian diantaranya adalah agroteknologi, agribisnis, ilmu tanah dan termasuk juga teknologi hasil pertanian.

Semuanya terbagi pada program studi yang berbeda. Nah, bagi kamu yang baru lulus dari SLTA mungkin tertarik memperdalam ilmu teknologi hasil pertanian. Sebab, peluang kerja jurusan ini ternyata sangat terbuka lebar, bagi yang meminatinya.

Artikel Terkait : 7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Peluang Kerja Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Apa saja sih peluang kerja teknologi hasil pertanian setelah lulus kuliah?

Berikut ini saya jelaskan 7 prospek kerja teknologi hasil pertanian yang bisa kamu pilih:

1. Menjadi Pengusaha Olahan Hasil Pertanian

Foto dari Elemen Envato

Peluang kerja yang sangat terbuka lebar adalah menjadi seorang pengusaha di bidang olahan hasil pertanian. Banyak sekali hasil pertanian yang bisa diolah sehingga bisa memiliki nilai jual dan nilai tambah.

Misalnya saja pisang, kamu bisa membuat aneka olahan pisang. Atau hasil pertanian lainnya diolah menjadi sebuah produk baru.

Olahan seperti ini, selalu banyak peminatnya. Sebab makanan adalah salah satu kebutuhan manusia. Dan selagi ada manusia, permintaannya akan selalu ada.

Setelah lulus dari jurusan teknologi hasil pertanian, tentu kamu akan memiliki banyak ilmu pengolahan. Sehingga kamu lebih unggul dibandingkan dengan orang-orang yang tidak kuliah. Dan ini adalah peluang besar untuk menjadi seorang pengusaha.

2. Menjadi Manajer Quality Control

Setiap perusahaan atau pabrik pengolahan makanan atau olahan hasilpertanian tentu memiliki seorang manager Quality Control. Ini merupakan prospek kerja teknologi hasil pertanian setelah lulus nanti.

Seorang Quality control tugasnya adalah menjaga kualitas sebuah produk. Sehingga produk yang dihasilkan dapat konsisten dan berkualitas baik.

Nah, seorang lulusan teknologi hasil pertanian sangat berpeluang besar untuk menjadi manajer Quality Qontrol. Baik di perusahaan swasta ataupun diperusahaan milik pemerintah.

3. Menjadi Ahli Pengembangan Produk

Ahli pengembangan produk memiliki tugas mengambangkan suatu produk menjadi produk lainnya. Sehingga produk tidak monoton dan memiliki varian baru.

Di sinilah tugas seorang ahli pengembangan produk berperan. Dan jika kamu berminat kuliah di jurusan teknologi hasil pertanian, maka ini merupakan peluang besar ketika lulus nanti.

Kamu bisa menjadi seorang ahli pengembangan produk, dan menciptakan produk-produk baru yang diminati banyak orang.

4. Menjadi Konsultan Teknologi Pertanian

Berikutnya, prospek kerja teknologi hasil pertanian adalah menjadi seorang konsultan teknologi pertanian. Saat ini banyak perusahaan yang bergerak di olahan hasil pertanian yang memerlukan seorang konsultan.

Biasanya mereka memerlukan konsultan untuk mengadakan sertifikasi, diantaranya:

  • Forest Stewardship Council (FSC)
  • Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO)
  • Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO)
  • International Sustainable Carbon Certification (ISCC)

Setelah lulus nanti, kamu bisa menjadi seorang konsultan teknologi pertanian. Dan ini merupakan sebuah profesi yang menjanjikan. Sebab, biaya menyewa konsultan tidaklah sedikit.

5. Menjadi Pegawai Kementrian Pertanian

Salah satu kementrian yang membuka banyak formasi CPNS adalah Kementrian Pertanian. Nah, ini juga merupakan peluang kerja lulusan teknologi hasil pertanian yang menjanjikan.

Kamu bisa melamar menjadi pegawai Kementrian Pertanian dengan cara mengikuti tes CPNS. Ambillah formasi di Kementrian Pertanian. Biasanya ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih.

Untuk gaji seorang PNS, tentu tidak usah dipertanyakan lagi, ya. Selain mendapatkan gaji pokok dan tunjangan. Mereka juga mendapatkan dana pensiunan. Menarik bukan?

Lihat Juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Keperawatan

6. Menjadi Pegawai BPOM

Prospek kerja teknologi hasil pertanian berikutnya adalah bekerja di BPOM. BPOM atau Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan merupakan lembaga pemerintahan yang tugasnya mengawasi peredaran obat dan makanan.

Nah, ketika kamu bekerja di BPOM kamu bisa kerja di bagian pengontrolan makanan.

Peluang kerja di BPOM juga merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Sebab, pegawai BPOM merupakan PNS. Dan ini hampir sama ketika kamu bekerja di Kementrian Pertanian.

7. Menjadi Dosen dan Peneliti

Terakhir, prospek kerja yang tak kalah menarik bagi lulusan teknologi hasil pertanian adalah menjadi pengajar atau dosen. Sebagai dosen kamu bisa mengerjakan banyak hal.

Selain mengajar kamu juga bisa melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dan ini jura merupakan peluang karier di dunia akademisi.

Namun perlu diketahui, untuk menjadi Dosen, kamu harus meanjutkan kuliah S2, minimalnya. Nah dari dosen ini kamu bisa memulai karier yang cemerlang.

Rencana Setelah Lulus dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Itulah pembahasan tentang 7 prospek kerja teknologi hasil pertanian yang paling menjanjikan. Kamu bisa memilih salah satunya, yang paling kamu minati.

Sehingga jangan khawatir lagi jika tidak mendapatkan pekerjaan. Sebab peluang kerja sangat terbuka lebar.

Bagi kamu yang masih menjadi mahasiswa teknologi hasil pertanian, maka giatlah belajar. Agar kelak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Bagi adek-adek SLTA yang baru lulus, dan berencana kuliah teknologi hasil pertanian. Mulai saat ini nggak usah ragu lagi. Sebab prospek kerjanya sangat terbuka lebar.

Bagaimana? Setelah lulus nanti kamu ingin menjadi apa?

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan