5/5 - (6 votes)

Toko Buku Online – Buat kamu yang kini lulus SMA dan dilema karena harus memilih jurusan ketika kuliah, itu adalah hal wajar. Sebab memilih jurusan sebenarnya susah susah gampang, kok. Sebab kamu harus benar-benar mempertimbangkan jurusan yang kamu pilih, dengan passion yang ada di dalam dirimu. Nah, salah satu jurusan yang populer dan digemari banyak calon mahasiswa adalah jurusan Psikologi. Buat kamu yang bingung milih jurusan mungkin kamu bisa loh memilih jurusan ini, karena prospek kerja psikologi sangatlah menjanjikan. Nah, namanya membahas mengenai jurusan kuliah, tentu pembahasannya tak jauh berbeda dengan peluang atau prospek kerja.

Artikel Terkait : 7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Seni Tari

Lulusan Psikologi nanti kerjanya apa, sih?

Well, berikut ini adalah beberapa prospek kerja jurusan Psikologi yang bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu ingin mencari pengalaman kerja baru:

1. Bekerja Sebagai Konselor

Foto dari Elemen Envato

Peluang kerja pertama yang mungkin bisa kamu tempati bagi kamu para lulusan Psikologi adalah bekerja sebagai seorang konselor. Tugas utama seorang konselor yaitu memberikan bimbingan konseling untuk para klien.

Misalnya saja, ketika ada klien yang sedang kebingungan akan permasalahan hidup seorang konselor akan memberikan solusi untuk menghadapi kebingungan klien.

Biasanya konselor ini digaji oleh satu perusahaan yang kemudian diberi tugas memberikan pelayanan konseling kepada para karyawan perusahaan tersebut.

2. Menjadi Seorang Psikolog

prospek kerja psikologi
Foto dari Elemen Envato

Tentu saja lulusan Psikologi tak jauh-jauh dengan profesi menjadi seorang Psikolog. Jika seorang Psikolog menangani orang yang memiliki gangguan jiwa, kalau konselor hanya menangani permasalahan orang normal yang tak sampai gangguan jiwa.

Psikolog biasanya bekerja di perusahaan tertentu atau bekerja di lembaga-lembaga pendidikan.

Psikolog juga bisa membuka klinik sendiri di rumah. Asal memiliki sertifikat profesi jurusan Psikologi.

3. Menjadi HRD di Perusahaan

Setiap perusahaan tentu ada yang menempati posisi sebagai seorang HRD. HRD juga bisa dikatakan sebagai bagian dari hal penting yang ada di perusahaan.

Jadi, HRD ini bertugas memantau seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Jadi, jika kualitas HRD di sebuah perusahaan bagus, kemungkinan besar kualitas karyawan juga bagus. Begitu pula sebaliknya.

Untuk gaji seorang HRD, bahkan bisa mencapai 10 juta rupiah loh. Mengingat posisi ini adalah posisi penting di perusahaan.

4. Dosen Psikologi

Tentu saja para lulusan Psikologi juga berkesempatan berkecimpung di dunia pendidikan. Yaitu menjadi seorang dosen. Ini merupakan prospek kerja jurusan Psikologi di bidang akademisi.

Jika kamu tertarik untuk menjadi dosen Psikologi, tentu saja kamu harus meneruskan pendidikanmu hingga jenjang master atau bahkan doktor.

Untuk gaji seorang dosen berkisar antara 4-5 juta rupiah perbulan. Tapi ini belum termasuk tunjangan lain loh ya!

Baca Juga : 7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

5. Bekerja Sebagai RND (Research and Development)

Bagi kamu yang masih asing dengan profesi RND, bahwa RND merupakan pekerjaan yang kerjanya di bidang penelitian sekaligus pengembangan produk.

Jadi, bisa dikatakan, bagus tidaknya suatu produk tergantung dengan kualitas RND juga. Sebab, hasil data penelitian dari seorang RND nantinya akan dijadikan pedoman untuk menentukan pasar mana yang potensial atas produk yang telah dibuat.

Apakah kamu juga termasuk orang tertarik dengan pekerja sebagai RND?

6. Menjadi Seorang Trainer

Prospek kerja selanjutnya buat kamu lulusan Psikologi adalah dengan menjadi seorang trainer. Kamu bisa menempatkan dirimu di. lembaga-lembaga training.

Training pada umumnya diadakan untuk memberikan pelatihan mengenai motivasi, pengembangan diri atau hal lain sejenis. Dan acara training ini bisa diadakan di kelompok atau organisasi.

7. Menjadi Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Peluang kerja jurursan Psikologi selanjutnya yaitu menjadi seorang terapis untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Jadi, tugasnya lebih ke pengamatan mengenai tumbuh kembang anak.

Untuk gaji seorang terapis sejenis ini biasanya sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah untuk biaya satu anak.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Psikologi yang mungkin bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu ingin mencari pengalaman kerja baru. Semoga membantu, ya!

Lihat Juga : 7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Telekomunikasi