5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Apakah kamu termasuk seseorang yang menyukai sejak kecil? Atau bahkan kamu sengaja memutuskan memilih jurusan Seni Tari ketika kuliahnya? Sebenarnya Seni Tari ini mempelajari apa aja sih? Ternyata prospek kerja seni tari banyak juga loh.

Jurusan Seni Tari merupakan jurusan yang yang belajar mengenai kesenian yang berkaitan dengan tari-tarian. Buat kamu yang suka nari, jurusan Seni Tari sangat cocok untuk kamu tempati.

Nah, bicara mengenai jurusan kampus tentu pembicaraannya juga hal-hal yang berkaitan dengan profesi yang digeluti setelah kuliah nanti dong, ya.

Kemudian sebenarnya apa aja sih peluang kerja jurusan Seni Tari setelah lulus nanti?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa prospek kerja jurusan Seni Tari yang bisa kamu tempati:

1. Menjadi Seorang Koreografer

Prospek kerja pertama untuk kamu para lulusan Seni Tari yaitu ternyata kamu bisa mengembangkan kariermu di dunia koreografi.

Memang sih, Seni Tari sebenarnya hanya butuh latihan yang sering. Butuh kekonsistenan yang tidak abal-abal untuk menjadi handal. Jadi beberapa orang berpikir tak usahlah menuntut ilmu tinggi-tinggi sampai jenjang kuliah.

Padahal untuk menjadi seorang koreografer terkenal dan handal seperti Eko Supriyanto, Denny Malik dan koreografer lain, butuh gelar akademik tinggi.

2. Menjadi Guru Seni Tari

Buat kamu para lulusan Seni Tari, kamu juga Berkesempatan untuk mengembangkan kariermu di dunia pendidikan, lebih tepatnya menjadi guru pada pelajaran seni tari.

Kamu bisa mengisi mapel-mapel seni tari di berbagai sekolah. Untuk gaji seorang guru juga lumayan. Kamu bisa mendapatkan gaji hingga jutaan rupiah. Cukup untuk digunakan hidup layak.

3. Menjadi Instruktur Ballet

Prospek kerja jurusan Seni Tari berikutnya bagi para lulusan Seni Tari yaitu menjadi instruktur balet. Kamu bisa mendaftar di sanggar-sanggar seni untuk menekuni dunia instruktur balet.

Kalau tidak, kamu bisa membuka sanggar seni balet sendiri dan kamu bisa mengajar di sanggar sendiri. Tentunya ini akan lebih enak dan leluasa.

Apakah kamu termasuk lulusan Seni Tari yang tertarik untuk bekerja sebagai instruktur Balet?

4. Menjadi Instruktur Yoga

Foto dari Elemen Envato

Selain menjadi instruktur balet, para lulusan Seni Tari juga bisa mengembangkan kariernya menjadi seorang instruktur senam yoga.

Kamu bisa membuka kelas sendiri di rumahmu. Atau kamu ikut dalam pusat-pusat olahraga yoga. Gajinya lumayan gedhe loh ternyata jadi instruktur yoga.

5. Bekerja Sebagai Direktur Artistik

Apa itu profesi direktur artistik? Nah, profesi. didektur artistik ini tugas utamanya yaitu mengatur jalannya pertunjukan seni dari awal seni digelar, hingga pertunjukan seni tersebut selesai.

Biasanya direktur artistik bekerja di televisi atau mungkin di sebuah teater yang sudah terkenal dan melegenda.

6. Menjadi Seorang Aktor

Jangan salah, ya. Ternyata para lulusan Seni Tari juga bisa bergelut di dunia akting alias menjadi seorang aktor. Ini juga merupakan peluang kerja jurusan seni tari yang menjanjikan.

Biasanya kan, di film-film atau pertunjukan di sebuah televisi, mereka membutuhkan yang namanya penari latar. Hal ini bertujuan untuk mengisi drama musikal.

Ini cocok banget buat kamu yang bercita-cita menjadi artis. Siapa tahu jalan sukses keartisanmu lewat menjadi aktor penari ini. Nah, apakah kamu tertarik bekerja menjadi aktor?

7. Bekerja di Bidang Administrasi Seni

Kamu para lulusan Seni Tari, kamu juga berkesempatan untuk bekerja di bidang administrasi seni.

Nah, profesi ini disediakan oleh pemerintah ataupun perusahaan swasta. Apakah kamu tertarik di bidang administrasi seni?

Demikian. beberapa prospek kerja jurusan Seni Tari yang mungkin bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu ingin mencari pengalaman kerja baru. Semoga membantu dan bermanfaat, ya!