5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Siapa sih, yang nggak butuh listrik di zaman sekarang? Hampir semua orang kini memanfaatkan listrik untuk keperluan sehari-harinya. Mulai dari menyetrika, menanak nasi hingga mengisi daya baterai, semua memanfaatkan listrik. Tentunya ini akan menjadi prospek kerja teknik elektro.

Nah, di dunia perguruan tinggi, ilmu yang membahas mengenai kelistrikan yaitu teknik elektro. Bahkan kini banyak kampus-kampus yang membuka jurusan teknik elektro. Peluang kerjanya pun lebar dibarengi dengan gajinya yang bisa dibilang tidak sedikit.

Artikel Terkait : 8 Prospek Kerja Jurusan Kimia

Lalu, apa saja sih peluang kerja Teknik Elektro setelah lulus nanti?

Tanpa berlama-lama, berikut ini akan dijelaskan mengenai prospek kerja Teknik Elektro yang cocok dan menjanjikan berikut ini:

1. Bekerja Sebagai Software Developer

Peluang kerja pertama untuk para lulusan Teknik Elektro yaitu menjadi seorang software developer. Jadi tak hanya para lulusan informatika saja yang bisa mengembangkan perangkat lunak.

Para lulusan teknik elektro juga diberikan peluang untuk bisa melakukan pengembangan Internet of Things. Artinya teknik elektro juga harus mampu memahami bahasa pemrograman perangkat keras.

2. Menjadi Seorang Pengajar (Dosen)

Foto dari Elemen Envato

Berikutnya, pekerjaan yang mungkin bisa ditekuni para lulusan Teknik Elektro yaitu menjadi seorang pengajar.

Banyak sekali universitas yang membuka peluang tinggi untuk para jurusan Teknik Elektro. Namun tentunya untuk menjadi dosen harus melanjutkan pendidikan tingkat lanjut.

Untuk gaji seorang pengajar tergantung golongan dan status tentunya. Biasanya bisa mencapai hingga 5 juta rupiah.

3. Menjadi Analis Sistem (System Analyst)

Peluang kerja Teknik Elektro selanjutnya yaitu para lulusan Teknik ini bisa menjadi system analyst. Untuk bekerja sebagai system analist, seseorang harus memiliki ketelitian lebih.

Sebab, tugas dari seorang system analyst biasanya menganalisis sistem perangkat lunak di perusahaan-perusahaan.

Untuk gaji seorang system analyst bisa mencapai 22 juta per bulan. Ini disebabkan tanggung jawabnya yang besar.

4. Menjadi Wirausahawan

Foto dari Elemen Envato

Setiap orang dari lulusan manapun, tingkat pendidikan apapun selalu memiliki kesempatan untuk bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Tak terkecuali lulusan Teknik Elektro.

Untuk pendapat menjadi seorang wirausaha bahkan bisa mencapai puluhan juga rupiah loh. Apakah kamu termasuk lulusan Teknik Elektro yang tertarik menjadi wirausahawan?

5. Menjadi Quality Assurance (QA)

Prospek kerja Teknik Elektro berikutnya yang mungkin bisa kamu tempati yaitu menjadi seorang Quality Assurance (QA).

Biasanya tugas seorang QA adalah menjamin kualitas produk. Biasanya QA dalam melakukan tugasnya dibantu olej staf back end, designer dan juga project manager.

Untuk gaji para QA berkisar antara 3 juta hingga 5 juta rupiah. Tapi kalau kariermu semakin naik, tentunya  gajimu juga naik hingga belasan juta.

Lihat Juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil

6. Menjadi Teknisi Mesin

Tak hanya jurusan Teknik Mesin saja ternyata yang bisa berkarier menjadi teknisi mesin. Nah, tugas seorang teknisi mesin ini biasanya seputar pengembangan peralatan elektronik, otomotif dan komunikasi.

Di sinilah seorang ahli Teknik Elektro ini berperan. Mereka bertugas dalam fungsi pemeliharaan sistem mekanik.

7. Menjadi Teknisi Robot

Prospek kerja jurusan Teknik Elektro selanjutnya, para lulusan Teknik Elektro juga berpeluang menjadi seorang teknisi robot.

Nah, untuk bisa menjadi teknisi robot, seseorang harus mengantongi keahlian elektronika dan juga teknik dasar mekanika.

Dalam hal ini, keahlian tersebut dimiliki oleh para lulusan Teknik Elektro. Jadi, buat para lulusan Teknik Elektro berpeluang tinggi menjadi teknisi robot.

8. Bekerja di Instansi Pemerintah

Lulusan Teknik Elektro juga berpeluang mendapat pekerjaan di instansi pemerintah sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Instansi yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro adalah Kementrian ESDM, Dirjen Kelistrikan, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan sebagainya.

Demikian beberapa prospek kerja Teknik Elektro yang bisa kamu pilih. Jadi apakah kamu sudah memutuskan memilih jenis pekerjaan yang mana yang akan kamu tekuni?

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Perikanan