5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Beberapa orang ada yang bertanya-tanya. Mengenai, apa sih yang membedakan jurusan Teknik Sipil dengan jurusan Arsitek? Sebab, kedua hampir sama. Sama-sama belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan konstruksi gedung dan bangunan. Bahkan prospek kerja teknik sipil ternyata banyak juga loh.

Nah, jika jurusan Arsitek mempelajari mengenai spesifikasi desain bangunan agar menarik dan indah dipandang secara eksterior namun jurusan Teknik Sipil lebih berfokus kepada struktur bangunannya. Apakah suatu konstruksi itu ekonomis, efisien namun tetap kokoh dan lahan yang digunakan sesuai.

Teknik Sipil lebih banyak mempelajari mengenai pelajaran yang berkaitan tentang struktur beton, teknik pondasi, pelajaran kimia-kimia dasar dan tentunya masih banyak sekali yang harus dipelajari.

Dengan adanya penjelasan di atas, lalu apa saja pekerjaan yang cocok untuk ditempati para lulusan Teknik Sipil?

Baca Juga : 8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi 

Langsung saja yuk, simak prospek kerja Teknik Sipil yang mungkin cocok untuk kamu tempati:

1. Bekerja Sebagai Quality Control (QC)

Foto dari Elemen Envato

Pekerjaan pertama yang mungkin berpeluang besar untuk para lulusan Teknik Sipil yaitu bekerja sebagai Quality Control Analiyst. Jadi, tugas seorang QC ini menentukan kualitas bahan baku yang ada pada suatu produk.

Nah, di bidang konstruksi dan bangunan, QC dibutuhkan untuk melakukan deteksi dan pengecekan terhadap kualitas komponen alat-alat bangunan. Jadi suatu perusahaan akan mengetahui produk alat bangunan yang sesuai standar yang telah ditentukan.

Untuk gaji seorang QC biasanya berkisar antara 4 juta hingga 12 juta rupiah per bulannya. Gajinya memang lumayan besar, sesuai dengan pekerjaannya yang berisiko. Sebab memang butuh kecermatan dan ketelitian yang tinggi.

2. Bekerja di Instansi Pemerintahan

Para lulusan Teknik Sipil juga diberi peluang besar oleh pemerintah untuk bekerja di instansi-instansi negara. Misalnya saja bekerja di Dinas Tata Kota dan Pertamanan, KementrianESDM hingga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah maupun Nasional.

Untuk gaji seorang pegawai pemerintah tentu saja tergantung golongan, ya. Gaji pokoknya kira-kira bisa berkisar hingga 5 juta rupiah. Namun tentunya masih ada tunjangan-tunjangan lain.

Nah, biasanya lulusan Teknik Sipil bertugas memastikan kepatuhan dengan perjanjian dan peraturan pemerintah yang telah ditentukan.

3. Kontraktor Konstruksi Bangunan

Prospek kerja jurusan Teknik Sipil selanjutnya yaitu kamu mendapatkan kesempatan untuk bekeja pada proyek pembangunan sebuah konstruksi dengan menjadi kontraktor konstruksi bangunan. Banyak sekali posisi-posisi yang bisa kamu tempati.

Seperti misalnya, menjadi site engineer, menjadi drafter, menjadi perencana struktur, atau mungkin menjadi estimator.

Untuk gaji yang ditawarkan sebagai kontraktor tentunya lumayan. Bahkan ada yang gajinya hingga 5 juta rupiah untuk awal karier. Namun seiring kamu bekerja dengan waktu yang lama, gajimu bisa mencapai hingga 50 juta rupiah loh!

Artikel Terkait : 8 Prospek Kerja Jurusan Biologi

4. Bekerja di BUMN

Selain bekerja di kantor kementrian dan instansi pemerintah yang lain, BUMN juga membutuhkan para lulusan Teknik Sipil. Pihak BUMN memberikan kesempatan kepada para sarjana teknik untuk menjadi pegawai BUMN.

Di antara kantor BUMN yang menerima lulusan Teknik Sipil antara lain Waskita Karya, Cipta Karya, Hutama Karya dan instansi BUMN lainnya.

5. Menjadi Insinyur Sipil

Prospek kerja jurusan Teknik Sipil selanjutnya yaitu para lulusan Teknik Sipil bisa bekerja sebagai insinyur sipil. Tugas seorang insinyur sipil biasanya ia bertanggung jawab penuh atas manajemen dan desain proyek konstruksi yang saat itu sedang melaksanakan proyek.

Di antara proyek-proyek tersebut antara lain proyek pembangunan rel kereta api, pelabuhan, saluran bendungan, proyek jalan hingga bahkan proyek irigasi. Untuk gaji sebagai seorang insinyur sipil berkisar hingga 7 juta rupiah. Ini tergantung seberapa lama kamu bekerja.

6. Menjadi Surveyor Kontrol Bangunan

Foto dari Elemen Envato

Peluang pekerjaan selanjutnya yaitu menjadi seorang surveyor kontrol bangunan. Misalnya saja, jika suatu proyek tak bisa memenuhi kriteria tertentu yang sudah tercantum dalam beraturan hukum yang berlaku, maka seorang surveyor ini harus bisa memberikan solusi dan pertimbangan anggaran yang ada.

Jadi tugas utama seorang surveyor yaitu memastikan bahwa proyek pembangunan yang sedang dalam proses pelaksanakan tak melanggar peraturan dan hukum yang berlaku.

Untuk gaji yang ditawarkan untuk seorang surveyor bisa berkisar hingga 9 juta rupiah. Tergantung seberapa lama kamu berkarier di bidangmu.

7. Menjadi Konsultan Konstruksi

Prospek kerja Teknik Sipil berikutnya yaitu berpeluang menjadi konsultan konstruksi. Seorang konsultan sudah jelas, tugasnya adalah memberikan saran-saran atas proyek pembangunan yang sedang dikerjakan.

Saran-saran tersebut mencakup teknik pembangunannya hingga saran akan ide desain proyek yang saat itu sedang proses pengerjaan. Misalnya saja proyek jalan, proyek jembatan dan masih banyak lagi proyek lain.

Untuk gaji yang ditawarkan kepada para konsultan konstruksi bisa mencapai hingga 6 juta rupiah.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan Teknik Sipil yang mungkin bisa kamu tempati. Sebenarnya masih banyak peluang kerja lain.  Namun pekerjaan-pekerjaan di atas memang sangat berpeluang besar untuk lulusan Tenik Sipil. Semoga membantu, ya.

Lihat Juga : 8 Prospek Kerja Lulusan Kimia