5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Apa sih, yang terlintas di benakmu ketika kamu mendengar nama jurusan Fisika? Pasti yang ada di benak adalah bahwa Fisika itu jurusan yang rumit, sulit dan susah dimengerti. Karena mempelajari Fisika artinya mempelajari kerumitan-kerumitan angka dan rumus. Sehingga prospek kerja fisika termasuk peluang yang cukup luas.

Namun, di samping itu, beberapa anak bahkan menganggap Fisika itu mudah. Dan malah menjadi pelajaran favorit ketika SMA. Fisika sendiri merupakan jurusan yang belajar mengenai gejala alamtak hidup yang ada di dalam waktu dan ruang.

Misalnya saja. Belajar mengenai materi-materi yang ada di semesta, belajar tentang kosmos, belajar tentang partikel-partikel di bumi. Selain itu jurusan Fisika juga belajar tentang mekanika kuantum, elektromagnetik hingga dinamika. Pokoknya banyak deh!

Nah, bicara mengenai jurusan kuliah tentu tak akan jauh pembahasannya dengan prospek kerja. Termasuk jurusan Fisika ini.

Lihat Juga : Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja peluang kerja jurusan Fisika setelah lulus nanti?

Yuk simak baik-baik mengenai prospek kerja jurusan Fisika yang berpeluang tinggi bisa ditempati oleh para lulusan Fisika:

1. Menjadi QC atau QA

Foto dari Elemen Envato

Peluang kerja bagi lulusan Fisika pertama buat kamu para lulusan Fisika yaitu ternyata kamu juga bisa memperoleh peluang untuk berkarier di berbagai perusahaan untuk menempati posisi menjadi seorang Quality Control (QC)/ Quality Assurance (QA).

Apa sih, bedanya QC dan QA? Well, intinya tugas QC dan QA ini pada dasarnya saling berkaitan satu sama lain. Jadi keduanya sama-sama bekerja di bagian kualitas suatu produk.

QA memiliki tugas menjamin kualitas produk agar sesuai standar, sedangkan QC memiliki tugas yaitu menjaga kualitas produk.

2. System Analist

Buat kamu para lulusan Fisika, ternyata kamu juga memiliki kesempatan loh, menjadi seorang system analyst. Apa sih, tugas seorang system analyst?

Tugas seorang system analis adalah adalah melakukan perencanaan, penelitian hingga koordinasi mengenai perangkat lunak dan sistem. Menjadi seorang system. analyst haruslah memiliki kemampuan analisis yang jempol. Sebab, jika tidak, tentunya akan kesulitan melakukan identifikasi permasalahan.

Menjadi system analyst juga harus ahli dalam bahasa pemrograman, sistem operasi, hingga perangkat database.

3. Menjadi Seorang Data Scientist

Beberapa orang mungkin masih asing dengan profesi data scientist. Nah, tugas seorang data scientist adalah melakukan kontrol dan pengendalian teknologi pengolahan data. Ini juga merupakan prospek kerja jurusan fisika.

Sesuai dengan nama profesinya, tugas lain dari data scientist juga melakukan analisis data di perusahaan-perusahaan tertentu.

Menjadi seorang data scientist harus memiliki kemampuan tingkat kejelian dan keingintahuan yang tinggi atas informasi-informasi untuk bisnis perusahaan. Data scientist ini bak pilot yang mengendalikan semuanya.

4. Teknisi Tambang, Minyak dan Material

Menjadi seorang teknisi tambang minyak dan material juga bisa dijadikan kesempatan untuk para ahli Fisika untuk mengembangkan kariernya.

Tugas teknisi tambang melakukan pengembangan materi baru untuk logam dan keramik. Dan juga terlibat dalam mencari sekaligus mengolah minyak bumi dan gas alam. Teknisi ini juga dituntut untuk memastikan bawa pengolahan suatu produk mudah.

Artikel Terkait : Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

5. Bekerja di Instansi Pemerintah

Lulusan Fisima juga berpeluang tinggi untum bisa memperoleh pekerjaan di instansi pemerintah loh. Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil.

Banyak sekali instansi pemerintah yang membutuhkan para mahasiswa lulusan Kimia. Seperti misal, Batan, Pemda (Pemerintah Daerah), Bapeten, BPS (Badan Pusat Statistika), dan masih banyak lagi.

Gaji seorang PNS biasanya minimal berkisar 4-5 juta rupiah. Tergantung golonganmu.

6. Menjadi Seorang Dosen Fisika

Sepertinya hampir semua jurusan berkesempatan menjadi seorang pengajar di kampus-kampus, ya. Nah, kamu bisa mengajar di universitas negeri atau mungkin di swasta.

Namun tentunya juga harus meneruskan pendidikan hingga master. Atau mungkin hingga doktor.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Fisika yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Jadi apakah kamu sudah memutuskan untuk memilih profesi mana?

Baca Juga : Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal