5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Ada dua faktor yang memengaruhi kualitas sebuah tulisan yang dihasilkan penulis itu baik atau tidak. Yang pertama faktor internal yang berasal dari dalam diri, dan yang kedua adalah faktor eksternal yang berasal dari luar diri sendiri.

Faktor internal seringkali berasal dari mood penulis itu sendiri. Makanya, bahaya juga jika seorang penulis moodnya terlalu cepat berubah. Bisa-bisa tulisan tak akan jadi-jadi. Pasalnya, kalau mood baik yang tiba-tiba berubah menjadi mendung, tentunya akan membuat sebuah tulisan jadi buruk. Bahkan malah tidak selesai.

Berbeda dengan mood yang stabil dan baik. Saya yakin deh, tulisanmu akan bagus dan berkualitas. Apalagi jika ditambahi dengan komitmen menulis satu hari satu tulisan, misalnya. 30 hari saja kamu udah mendapat 30 tulisan, loh! Bisa banget dijadikan buku, kan?

Nah, untuk faktor kedua ini berasal dari luar diri atau disebut dengan faktor eksternal. Misalnya saja, fasilitas untuk menulisnya seperti laptop, referensi yang dibaca hingga tempat yang digunakan untuk menulis.

Bicara mengenai tempat asyik untuk menulis, ada beberapa tempat yang mungkin bisa dijadikan untuk menulis.

Lihat Juga : Kesalahan Menulis Buku

Apa saja tempat asyik untuk menulis?

Yuk deh simak langsung saja, beberapa tempat asyik menulis buku yang mungkin bisa kamu jadikan referensi:

1. Menulis di Perpustakaan

Tempat pertama yang asyik untuk dijadikan tempat menulis buku adalah perpustakaan. Sebab, memang tak bisa dipungkiri sih. Perpustakaan nyaman sekali untuk dijadikan tempat untuk mengerjakan tugas, tempat untuk mencari referensi termasuk tempat untuk menulis buku.

Suasana perpustakaan yang sunyi membuat konsentrasi kita penuh untuk menyelesaikan tulisan. Apalagi hampir setiap perpustakan di sekolah atau di kampus-kampus menyediakan berbagai fasilitas.

Seperti misalnya ruangan yang ber-AC, fasilitas wifi yang cepat hingga referensi buku yang lengkap. Supernyaman deh, pokoknya!

2. Menulis di Kafe/Kedai Kopi

Tempat selanjutnya yang asyik untuk dijadikan tongkrongan untuk menulis adalah kafe. Apalagi kini banyak kedai kopi yang memang sengaja menyediakan ruang untuk menulis atau membaca.

Suasana kafe yang cenderung nyaman dan santai membuat orang-orang berduyun-duyun untuk sengaja berkunjung dengan berbagai kepentingan. Seperti mengerjakan tugas kelompok, bersantai hingga bahkan sengaja ke kafe untuk menulis buku.

Selain itu, biasanya kafe atau kedai kopi menyediakan fasilitas full wifi, juga fasilitas waktu yang lebih panjang dibanding perpustakaan. Kafe bisa menjadi tempat asyik menulis buku buat kamu.

Artikel Lainnya : 9 Cara Menerbitkan Buku Sendiri “Self Publishing”

3. Menulis di Kamar Sendiri

Alih-alih memilih tempat ramai nan santai seperti warkop, kafe atau taman, beberapa orang lebih memilih kamarnya sendiri sebagai tempat yang paling asyik untuk menulis buku.

Apalagi buat orang yang kurang nyaman berinteraksi dengan orang lain, serta tak begitu srek dengan suasana yang ramai. Tentu saja mereka. memilih kamar sendiri.

Menulis di kamar sendiri menjadikanmu bebas melakukan apa saja, bagaimana saja dan kapan saja. Pokoknya sesuka-sukamu mau gimana juga.

4. Menulis di Taman

Selain kafe atau warkop, tempat ramai nan santai berikutnya, yang mungkin asyik digunakan untuk menulis adalah taman.

Biasanya di taman-taman disediakan gazebo-gazebo yang sengaja untuk dijadikan tempat nongkrong. Tempat untuk refreshing dan bersantai di sore hari.

Apalagi taman memang tempat yang sengaja dibuat sejuk dan adem. Maka tak heran jika banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas kelompok di taman, termasuk para penulis yang menyelesaikan bukunya.

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa tempat asyik menulis buku yang bisa kamu jadikan referensi untuk menyelesaikan tulisanmu. Semangat menulis, ya!

Baca Juga : Manfaat Membaca Buku Novel yang Jarang Diketahui