4.9/5 - (7 votes)

Toko Buku Online – Siapa sih yang nggak mau anaknya cerdas dan pintar? Rasanya setiap orang tua menginginkan anaknya bertumbuh dengan baik, termasuk menginginkan anaknya cerdas, nah berikut beberapa manfaat membaca buku untuk anak.

Kecerdasan anak, tidak hadir begitu saja. Perlu ada rangsangan-rangsangan agar anak bisa cerdas. Nah, salah satunya adalah dengan cara melatihnya menyukai membaca buku.

Memang sedikit membutuhkan perjuangan untuk mengenalkan buku kepada anak. Namun, asalkan orang tua telaten. Pasti bisa, kok.

Memang, apa saja sih manfaat membaca buku sejak usia dini?

Inilah 6 manfaat membaca buku untuk anak yang wajib diketahui oleh orang tuanya:

1. Bisa Merangsang Imajinasi Anak

manfaat membaca buku untuk anak
Foto dari IG @moridencasa2013

Poin pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis buku yang layak diberikan kepada anak usia dini.

Pastikan buku tersebut adalah buku interaktif yang menampilkan banyak gambar dan ilustrasi. Alur ceritanya ringan, dan terdapat banyak tokoh yang mudah dikenali.

Gambar-gambar pada buku, alur cerita yang menarik dan tokoh-tokoh yang ada pada buku, bisa merangsang imajinasi seorang anak.

Untuk memancing imajinasinya, orang tua bisa meminta anaknya untuk menyebutkan nama-nama tokoh. Atau meminta menceritakan ualang kisah yang ada pada buku.

Jika anak benar, atau bisa melakukan perintah orang tua. Jangan lupa diberi reward atau pujian, ya.

Baca Juga : Manfaat Membaca Buku Motivasi

2. Menjadikan Anak Lebih Aktif dan Interaktif

manfaat membaca buku untuk anak
Foto dari IG @baby_zoya_shaheir

Manfaat membaca buku sejak usia dini yaitu bisa menjadikan anak lebih aktif dan interaktif. Kenapa demikian? Sebab, membaca bisa merangsang pertumbuhan motorik kasar pada otak.

Semakin sering mengajak anak membaca, maka kemampuan motoriknya akan semakin baik. Anak yang pendiam, bisa menjadi lebih aktif ketika dibacakan buku cerita. Atau dikenalkan pada buku.

Maka dari itu, mengenalkan buku sejak usia dini, sangatlah penting. Seperti pada poin pertama, jangan sampai salah dalam memilih jenis buku.

3. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

manfaat membaca buku untuk anak
Foto dari IG @geoidri

Ketika mengajarkan membaca kepada anak, otomatis mengajarkan banyak perbendaharaan kata baru pada anak.

Semakin banyak perbendaharaan yang dimiliki anak, maka akan semakin mempermudah berkomunikasi. Selain itu, anak juga akan semakin percaya diri dalam mengungkapkan pendapat. Atau, semakin terampil dalam menggunakan bahasa tertentu.

4. Menambah Pengetahuan Anak

manfaat membaca buku untuk anak
Foto dari IG @mina_picsaile

Manfaat membaca buku untuk anak berikutnya adalah bisa menambah pengetahuan anak.

Dengan membaca, tentu anak akan mendapatkan informasi baru yang sebelumnya tidak ia ketahui. Apalagi buku yang diberikan adalah buku-buku pengetahuan, seperti buku cara berwudhu. Buku cara menghormati orang tua. Atau buku-buku lain yang ada nilai-nilai sosialnya.

Saat ini banyak loh, buku-buku pengetahuan yang dikemas dengan menarik. Dibuat khusus untuk anak kecil. Nah, ibu bapak bisa membeli buku yang ada nilai pengetahuannya.

Tentu, agar pengetahuan anak semakin bertambah. Dan anak semakin cerdas.

Artikel Lainnya : Review Buku Bertumbuh

5. Mengasah Kemampuan Berfikir dan Berpendapat

manfaat membaca buku untuk anak
Foto dari IG @puredropoils

Semakin banyak informasi dan pengetahuan yang didapat oleh anak maka kemampuan berfikir seorang anak akan semakin diasah. Anak jadi bisa membedakan warna, bisa membedakan nama-nama karakter dan bahkan bisa memahami alur cerita.

Dengan semakin meningkatnya kemampuan berfikir, maka akan meningkatkan juga kemampuan berpendapat seorang anak. Iya bisa berpendapat, mana yang baik dan mana yang buruk.

6. Menumbuhkan Minat Membaca Sejak Kecil

manfaat membaca buku untuk anak
Foto dari IG @athanasia_thebookfairy

Tidak semua orang gemar membaca. Namun, dengan mengenalkan buku sejak usia dini, ini bisa merangsang menumbuhakn minat membaca sejak dini.

Sebab, sudah diajarkan sejak kecil, maka besarnya akan terbiasa membaca buku.

Bagaimana? Bapak ibu mau anaknya rajin membaca buku?

Yuk, mulai saat ini ajak mereka mengenali buku dan mengajarkan mereka membca buku.

Itulah penjelasan tentang manfaat membaca buku untuk anak. Bagaimana? Kira-kira buku apa nih yang akan dibelikan untuk anaknya?

Lihat Juga : 8 Fakta Tentang Buku