5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online – Apakah kamu sekrang memiliki naskah yang tersimpan di laptop milikmu namun bingung mau diapakan? Buat kamu yang punya naskah namun bingung mau diapakan, ada baiknya naskahmu tersebut jahit sedemikian rupa, kemudian kirimkan saja ke penerbit. Pasti kita mengingingan penerbit yang terbaik bukan? Salah satu penerbit terpopuler itu adalah Gramedia, lalu bagaimana cara menerbitkan buku di Gramedia? Yuk simak!

Nah, salah satu penerbit besar yang siap untuk menerima naskahmu adalah penerbit Gramedia. Perlu kamu tahu, Gramedia sebenarnya tak hanya toko buku, namun juga penerbitan yang memiliki beberapa anakan perusahaan Gramedia Group. Di antaranya adalah penerbit GPU (Gramedia Pustaka Utma, Elex Media Komputindo, Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia), Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) Penerbit BIP (BHUANA ILMU POPULER) dan yang terakhir adalah Penerbit M&C.

Nah, penerbit yang menjadi bagian dari Gramedia Group yang saya sebutkan tadi tentu memiliki spesifikasi kategori naskah tersendiri untuk diterbitkan. Misalnya saja, jika kamu ingin menerbitkan buku anak-anak, kamu bisa menerbitkan buku di Penerbit BIP (BHUANA ILMU POPULER). Jika ingin menerbitkan buku umum, kamu bisa mengirimkan naskahmu di Penerbit Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia) dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Menerbitkan Buku di Erlangga

Banyak yang bertanya-tanya dan masih bingung mengenai bagaimana sih, caranya untuk menerbitkan buku di Gramedia?

Pada umumnya, untuk mengirimkan naskah ke penerbit adalah dengan mengirimkan naskah hard-copy atau naskah digital dalam bentuk CD yang dikirim ke kantor penerbit langsung. Atau ada pula yang mengirimkan naskah dengan cara mengirimkan soft file-nya lalu dikirim ke penerbit yang bersangkutan.

Nah, beberapa waktu terakhir, saya telah mendapatkan info terbaru bahwa ada cara yang lebih praktis untuk menerbitkan buku di Gramedia.

Bagaimana Cara Mengirim Naskah ke Penerbit Gramedia?

  1. Berikut adalah cara mengirim naskah ke penerbit GramediaBuka website khusus yang kini telah disediakan oleh para penulis untuk mengirim naskah di dps.gramedia.com Perlu diketahui, DPS Gramedia atau Digital Publishing System ini adalah protal berbasis web yang ditujukan untuk para penulis untuk mempermudah sistem pengiriman naskah dan komunikasi antara penerbit para penulis. Sebab, adanya portal ini, diharapkan para penulis bisa lebih mudah untuk mengirimkan naskahnya dan para pengelola naskah teratur dan terorganisir serta rapi.
  2. Di website tersebut, kamu kan mendapati menu Home, Register dan Log In. Kalau kamu belum memiliki akun, mulailah untuk membuat akun dengan klik menu Register.
  3. Isilah dengan e-mail milikmu yang masih aktif, password dan juga chapta dan ikutilah langkah-langkah selanjutnya.
  4. Berikutnya kamu diharuskan untuk mengirim biodata pribadi di form yang telah disediakan.
  5. Pertama-tama, kamu harus memilih penerbit dari Gramedia group yang ingin kamu jadikan tujuan untuk mengirim naskahmu. Perlu diketahui, kamu bisa memilih tiga dari ema penerbit Gramedia Group. Penerbit yang berada di pilihan pertama merupakan penerbit yang menjadi prioritas utama (kira-kira seperti memilih jurusan ketika mendaftar SNMPTN atau SBMPTN).
  6. Kalau sudah memilih penerbit pertama, kedua dan ketiga, kamu bisa mengunggah naskahmu.

Lihat Juga : Manfaat Membaca Buku Novel yang Jarang Diketahui

Syarat Naskah

  • Naskah harus berformat PDF
  • Ukuran naskah maksimal hanya mencapai 50 MB

7. Setelah itu, isilah kolom yang telah disediakan mengenai informasi naskah yang telah kamu unggah.

8. Jika sudah lengkap mengenai pengiriman naskahmu, nantinya naskah akan di-review dan dipertimbangkan oleh pihak penerbit yang telah kamu pilih sebelumnya, apakah naskahmu akan diterima oleh pihak penerbit, atau pun ditolak oleh pihak penerbit

9. Jika naskahmu ternyata diterima, kamu akan dihubungi oleh penerbit untuk selanjutnya naskahmu akan diterbitkan.

Demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan mengenai cara menerbitkan buku di Gramedia. Pengiriman naskah ini memang dimaksudkan untuk memudahkan penulis memantau secara langsung perkembangan naskah dengan cara pantauan online.

Dan naskah yang telah diterima nantinya, tak sekadar dijadikan buku fisik saja, namun juga dijadikan e-book dan print on demand (dicetak sesuai pesanan).

Artikel Lainnya : Cara Menerbitkan Buku di Erlangga