4.9/5 - (7 votes)

Deskripsi Singkat Novel Si Anak Kuat

Judul Buku          : Novel Si Anak Kuat – Amelia

Penulis                 : Tereliye

Penerbit              : Republika

Tahun Terbit      : 2018

Jumlah Hlm         : 424 halaman

Genre                   : Novel

Toko Buku Online – Ketika saya mengetahui bahwa adik bungsu saya membaca buku Tereliye di serial anak mamak, mengenai pukat dan burlian, kemudian saya berinisiatif memberinya kado berupa buku serial anak mamak yang lain, yaitu Amelia.

Iya, dulu ketika buku si anak kuat ini terbit pertama kali, judul bukunya bukan si anak kuat, namun judulnya Amelia. Jadi, unyuk review bukunya, saya tidak akan membahas mengenai sampul dan bentuk tampilannya. Namun membahas mengenai isi dari buku tersebut.

Well, buku ini pas sekali buat adik saya, karena adik saya adalah adik bungsu, cewek pula. Jika kamu juga termasuk anak bungsu, seperti wajib sekali buat kamu untuk membaca buku anak bungsu versi serial mamak satu ini. barangkali dengan membaca buku ini, kamu bisa memiliki sudut pandang lain mengenai sosok kakak buat kamu. Meski kakak kadang dipandang sebagai sosok yang menyebalkan—apalagi kakak cewek yang seringnya rewel, ternyata kakak adalah seseorang yang sangat menyayangi adiknya.

Alur Cerita Novel Si Anak Kuat

Foto dari IG @dayofdreww

Menceritakan tentang Amel, anak bungsu dari empat bersaudara yaitu Eliana, Burlian, Pukat dan Amelia, ternyata buku ini juga tak berbeda jauh dengan buku-buku serial anak mama yang lain. Layaknya rujak, perasaan yang saya rasakan bercampur aduk menjadi satu ketika saya membacanya. Mulai dari keseruannya, rasa haru, rasa bahagia, lucu, sedih dan rasa-rasa lain yang tidak bisa didefinisikan satu-satu.

Meski ceritanya memang terkesan sederhana, namun sarat sekali dengan makna. Apalagi Bang Tere ini menyelipkan nilai-nilai agama tanpa terlihat menceramahi. Tanpa terlihat menggurui. Tentu saja membuat nilai-nilai baik tersebut masuk ke dalam hati para pembaca.

Ada satu kejadian yang membuat saya sesenggukan ketika membacanya. Ketika Eliana pergi ke hutan mencari kayu bakar untuk memenuhi perintah mamaknya. Amel ceritanya ikut. Ketika itu amel sampai tak bisa berjalan dan Eliana harus menggendongnya dengan jarak yang jauh. Sejak itu Amel baru sadar bahwa Eliana adalah kakak yang amat sayang kepada adik-adiknya.

Sebelumnya Amel sempat kesal ketika Eli seringkali mengomeli kakaknya itu, menyuruh-nyuruh semaunya, terkesan galak dan lain sebagainya. Namun, Amel sadar bahwa Eli sayang sekali kepada Amel.

Kesimpulan

Pokoknya masih banyak cerita-cerita seru dan mengharukan di buku si Anak Kuat. Rugi sekali kalau tidak membaca—terutama bagi anak bungsu yang menganggap kakaknya galak, suka marah-marah dan seringkali bikin kesal. Karena saya tidak mau spoiler. Jadi, kalau kamu penasaran, jangan tunda-tunda lagi buat baca serial anak mamak versi Si Anak Kuat, ya. Selamat membaca!

Lihat Juga : Review Buku The Book Of Imaginary Beliefs