5/5 - (7 votes)

Toko Buku Online – Matematika merupakan ilmu dasar sebuah perhitungan. Banyak yang menganggap bahwa matematika itu rumit. Sedangkan di lain sisi banyak juga yang menggemarinya. Walaupun rumit namu prospek kerja matematika luas loh.

Bagi yang gemar belajar matematika, maka mengambil program studi Matematika ketika akan kuliah adalah pilihan yang tepat.

Mesti banyak yang beranggapan bahwa jurusan matematika peluang kerjanya sempit: “palingan hanya menjadi guru saja”. Padahal anggapan itu kurang tepat. Sebab, banyak sekali prospek dan peluang kerjanya.

Lihat Juga : Prospek Kerja Jurusan Geofisika

Apa saja peluang kerja jurusan matematika?

Berikut ini adalah prospek kerja matematika dan gaji yang bisa diperoleh:

1. Menjadi Ahli Ekonom

Peluang kerja jurusan matematika yang pertama adalah menjadi ekonom. Ekonom ini tugasnya adalah mengatur lajur ekonomi sebuah perusahaan. Selain diperusahaan, ekonom juga diperlukan di lembaga pemerintahan.

Seorang ekonom bertugas untuk menyusun strategi keuangan yang cocok diterapkan. Selain itu juga bertanggungjawab terhadap kesehatan ekonomi sebuah perusaan atau lembaga.

Karena tugas seorang ekonom terbilang sulit. Maka tak aneh, gaji seorang ekonom terbilang besar.

2. Menjadi Analis Keuangan

Analis keuangan identik dengan jurusan ekonomi atau akuntansi keuangan. Namun, sebenarnya analis keuangan juga bisa berasal dari jurusan Matematikan.

Sebab dasar analis keuagnan adalah ilmu matematika. Sehingga lulusan matematika juga sangat berpeluang kerja menjadi analis keuangan.

Analis keuangan dibutuhkan di berbagai sektor. Mulai dari perusahaan, perbankan, hingga lembaga-lembaga pemerintahan yang bergerak di bidang keuangan.

Sehingga lulusan matematika memiliki kesempatan kerja yang begitu besar. Baik swarta maupun pegawai negeri.

3. Menjadi Ahli Statistik

Prospek kerja jurusan matematika adalah bisa menjadi seorang ahli statistik. Saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang bergelut di bidang analisis data dan survei.

Perusahaan seperti ini, selain memerlukan lulusan statistika, mereka juga memerlukan lulusan matematika. Sebab, ilmu statistik juga merupakan salah satu cabang dari ilmu Matematika.

Sehingga para sarjana Matematika juga sangat berpotensi bekerja menjadi ahli statistik. Ngomong-ngomong, gaji sebagai ahli statistik itu lumayan menggiurkan loh.

4. Menjadi Aktuaris

Apa itu aktuaris? Aktuaris adalah seorang ahli dibidang matematika yang dapat mengaplikasikan ilmunya untuk menyelesaikan masalah di bidang bisnis aktual.

Intinya seorang aktuaris adalah seorang problem solving pada sebuah perusahaan. Permasalahan yang dipecahkan mereka harus benar-benar aktual, dengan menggunakan metode perhitungan matematika dan statistika.

Saat ini, profesi aktuaris merupakan salah satu profesi yang banyak diburu orang-orang. Sebab, selain karena perannya yang vital, profesi aktuaris juga gajinya terbilang tinggi.

5. Menjadi Peneliti Matematika

Sebelumnya mari jawab pertanyaan berikut: Dari mana rumus-rumus dan metode penelitan muncul?

Tentu jawabannya adalah dari para peneliti. Khususnya peneliti matematikan.

Menjadi peneliti di bidang matematika, merupakan profesi yang terbilang keren. Sebab, cukup jarang orang yang terjun di bidang ini.

Seorang peneliti harus memiliki kemampuan dasar matematika. Juga harus bisa mengembangkan metode yang sudah ada menjadi metode baru yang bisa diterima khalayak.

Nah, tak aneh peneliti matematika merupakan profesi yang bergengsi dengan gaji yang tidak ternilai dengan uang. Apakah kamu berminat, menjadi peneliti di bidang matematika?

Artikel Lainnya : 8 Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

6. Menjadi Akuntan

Prospek kerja jurusan matematika yang selanjutnya adalah menjadi seorang akuntan. Memang, profesi akuntan lebih didominasi oleh jurusan akuntansi.

Tai jangan salah, ya. Sarjana lulusan matematika juga bisa menjadi seorang Akuntan. Sebab, dasar-dasar ilu akuntansi adalah ilmu matematika. Sehingga tak aneh, banyak juga lulusan matematika yang menjadi seorang akuntan.

Akuntan ini merupakan salah satu profesi yang diminati banyak orang. Selain pekerjaannya yang menyenangkan, gaji seorang akuntanterbilang cukup tinggi.

7. Menjadi Guru atau Dosen

Foto dari Elemen Envato

Terakhir, adalah profesi yang paling umum dan sudah banyak yang tau. Yaitu profesi sebagai guru matematika atau dosen matematika.

Menjadi pengajar dengan keilmuan Matematika juga merupakan karier yang menjanjikan. Sebab, di Indonesia Matematika merupakan mata pelajaran dasar yang diwajibkan.

Untuk menjadi guru matematika, cukup dengan kuliah hingga S1 saja. Namun, untuk menjadi dosen matematika, kamu harus sedikit bersabar dan harus mengenyam pendidikan S2.

Bagaimana, apakah kamu tertarik menjadi pengajar Matematika?

Itulah bahasan tentang 7 prospek kerja matematika dan gaji yang bisa diperoleh. Jika kamu seseorang yang baru lulus SLTA, memilih jurusan Matematika bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama, yang gemar dengan pelajaran matematika.

Baca Juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Perikanan