7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Filsafat Setelah Lulus

by Naily Makarima Juli 22, 2022
prospek kerja filsafat
5/5 - (5 votes)

Toko Buku Online Mungkin beberapa dari kamu masih terdengar asing dengan jurusan satu ini. Karena jurusan Filsafat ini tak seterkenal dan sepopuler seperti jurusan-jurusan lain. Seperti jurusan Ekonomi, jurusan Kedokteran, jurusan Matematika dan jurusan populer yang lainnya. Namun prospek kerja filsafat tidak kalah dengan jurusan-jurusan terkenal.

Berbicara mengenai jurusan kuliah, pembahasannya tentu tak jauh dengan pembahasan mengenai prospek kerja. Meski jurusan ini terasa asing bagi sebagian orang, namun ternyata prospek kerjanya luas loh.

Baca Juga : Prospek Kerja Jurusan Fisika

Lalu apa saja sih, sebenarnya peluang kerja jurusan Filsafat setelah lulus nanti?

Nah, mari kita simak beberapa penjelasan di bawah ini mengenai beberapa prospek kerja jurusan Filsafat yang mungkin bisa mendapatkan peluang besar di masa depan:

1. Menjadi Pengamat Politik

Foto dari Elemen Envato

Prospek kerja pertama buat kamu para lulusan jurusan Filsafat. Yang bisa kamu jadikan peluang yaitu menjadi seorang pengamat politik.

Namun untuk berprofesi menjadi seorang pengamat politik, kamu juga harus mengantongi ilmu mengenai dasar-dasar hukum.

Untuk gaji seorang pengamat politik lumayan besar loh. Bahkan bisa mencapai miliaran rupiah per tahunnya. Mantap kan?

2. Menjadi Dosen Filsafat

Prospek kerja selanjutnya untuk kamu para lulusan Filsafat yaitu menjadi seorang dosen. Kamu bisa mengajar di universitas negeri atau mungkin di universitas swasta.

Namun tentunya untuk menjadi pengajar di kampus-kampus kamu harus meneruskan pendidikanmu hingga S2 atau bahkan S3.

Gaji seorang dosen biasanya berkisar antara 4-5 juta rupiah per bulannya. Namun ini belum termasuk tunjangan lain yaa!

3. Menjadi Seorang Penulis

Ternyata para lulusan jurusan Filsasat juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan sayap kariernya menjadi seorang penulis.

Orang-orang filsafat kan, orang yang memiliki sifat pemikir. Nah, buah pemikiran-pemikiran tersebut bisa dituangkan dalam bentuk tulisan yang kemudian dibukukan.

Untuk penghasilan menjadi seorang penulis tergantung berapa banyak karyamu menyebar kepada orang-orang. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan honor hingga ratusan juta rupiah loh!

4. Bekerja Sebagai Konselor

Prospek kerja jurusan Filsafat selanjutnya untuk kamu para lulusan Filsafat adalah berkarier menjadi seorang konselor.

Tugas inti dari seorang konselor itu membantu orang-orang untuk menemukan. potensi-potensi yang ada di dalam dirinya.

Gajinya juga tidak main-main. Bahkan. bisa mencapai jutaan rupiah.

Lihat Juga : Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

5. Menjadi Eksekutif Pemasaran

Tahukah kamu profesi sebagai eksekutif pemasaran? Eksekutif pemasaran biasanya bertugas di bagian marketing perusahaan guna mencapai target produk penjualan.

Keahlian untuk bisa mengurai dan mengolah ide dengan baik juga harus dimiliki seorang eksekutif pemasan. Apalagi eksekutif pemasaran juga harus pandai menjaga hubungan baik perusahaan dengan konsumen.

 Apakah kamu anak Filsafat yang malah tertarik dengan profesi eksekutif pemasaran?

6. Menjadi Seorang Reporter

Ilmu Filsafat yang telah menumbuhkan karakter para lulusan Filsafat untuk berpikir dalam dan kritis, menjadikan mereka memiliki kesempatan untuk menjadi seorang reporter.

Misalnya, jika ada berita dan permasslahan sekitar, tentunya anak-anak Filsafat yang berprofesi sebagai reporter akan menganalisis dan mengurainya dengan sangat detail dan kritis.

Gaji seorang reporter tentu tidak main-main. Jika berita yang kamu angkat menjadi headline, gajimu bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah!

7. Menjadi Pejabat Pemerintah

Peluang kerja jurusan Filsafat selanjutnya yaitu menjadi seorang pejabat pemerintahan.

Sebab, lulusan Filsafat ini memiliki keahlian. dalam menuntaskan sebuah permasalahan, menganalisisnya dengan baik dan kemudian. keputusan akan diambil dengan kebijakan yang baik.

Untuk menjadi pejabat pemerintah, gaji yang akan kamu dapatkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini juga tergantung jabatanmu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai prospek kerja jurusan Filsafat yang bisa kamu jadikan peluang untuk jalan kesuksesan di masa depan. Apakah kamu sudah memutuskan untuk memilih yang mana?

Artikel Lainnya : 7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Industri

Social Shares

Dapatkan kejutan yang mendebarkan di email kesayanganmu

Update artikel terbaru, promo, giveaway dan info menarik lainnya :D

Related Articles