Panduan Instagram Marketing Terlengkap!

4.7/5 - (4 votes)

Tokobuku.co.id – Instagram merupakan sosial media yang interaktif. Penggunanya bisa membagikan foto, video dan daily story. Selain itu banyak fitur pendukung lainnya yang menjadikan penggunanya nyaman berlama-lama menggunakan Instagram. Seperti fitur filter, rewind, hastag, eraser brush dan fitur menarik lainnya, untuk itu akan kita bahas beberapa panduan instagram marketing.
Banyaknya pengguna Instagram menjadi peluang tersendiri untuk mempromosikan produk atau jasa. Kegiatan mempromosikan barang atau jasa melalui sosial media sering disebut dengan istilah “Digital Marketing”. Pada Instagram, maka disebut Instagram Marketing.
Instagram marketing menjadi sub ilmu marketing di era digital ini. Sehingga banyak pertanyaan yang muncul terkait Instagram marketing. Seperti; apa sih Instagram marketing itu? Apakah perlu menggunakan Instagram marketing? Bagaimana cara kerja Instagram marketing? Strateginya bagaimana? Bagaimana cara mengoptimalisasi Instagram marketing? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Artikel Terkait: Panduan WhatsApp Marketing Terlengkap

Untuk menjawab pertanyaan itu saya membuat panduan Instagram marketing yang dibagi menjadi 6 bagian, yaitu sebagai berikut:

1. Pengertian Instagram Marketing

Apa Instagram marketing itu? Mari kita bahas secara perlahan. Instagram marketing diambil dari dua suku kata. Yaitu Instagram dan marketing. Instagram adalah salah satu sosial media dan marketing adalah aktifitas memasarkan barang atau jasa.
Maka, Instagram marketing adalah pemasaran barang atau jasa menggunakan akun sosial media Instagram. Secara simpelnya bisa diartikan demikian.
Sehingga dapat kita simpulkan, Instagram marketing adalah proses memasarkan produk, barang atau jasa dengan menggunakan sosial media Instagram.
Secara luas Instagram marketing adalah aktifitas memasarkan produk, barang atau jasa menggunakan aplikasi Instagram. Menggunakan alat bantu media promosi digital seperti foto, video dan rekaman suara. Sehingga dapat menarik customer dan terjadi transaksi jual beli.

2. Peluang Instagram Marketing

Selanjutnya muncul pertanyaan perlukah menggunakan Instagram marketing? Apa masih berpotensi untuk menjual produk?
Jawabannya adalah “Sangat perlu” dan “Sangat berpotensi”.
Kenapa demikian?
Karena pengguna sosial media mendominasi salah satunya oleh pengguna Instagram. Terutama di Indonesia. Banyaknya pengguna Instagram ini tentu menjadi peluang pasar.
Sehingga memasarkan produk melalui Instagram masih sangat berpeluang.
Menurut data dari Hootsuite kita simpulkan bahwa Instagram marketing memiliki kelebihan, diantaranya:

  1. Instagram adalah aplikasi gratis yang paling banyak diunduh di Apple Store
  2. Instagram adalah merupakan aplikasi 10 besar terpopuler di Play Store.
  3. 1 miliar orang menggunakan Instagram setiap bulan.
  4. 500 juta orang menggunakan Instagram Story setiap hari
  5. Instagram mencapai 112,5 juta pengguna pada tahun 2020
  6. Instagram adalah platform media sosial yang paling cepat berkembang

Bagaimana? Sudah bisa membaca peluang Instagram marketing? Selain data tersebut kamu bisa melihat data statistic dari:

  • Statistik Instagram – BrandWatch https://www.brandwatch.com/blog/Instagram-stats/
  • Statistik Instagram – SuportSocial https://sproutsocial.com/insights/Instagram-stats/

3. Cara Kerja Instagram Marketing

Setelah memahami Instagram marketing dan mengetahui potensi Instagram marketing. Maka muncul pertanyaan bagaiman cara kerja Instagram marketing?
Oke, saya jawab;
Sebenarnya cara kerja Instagram marketing sangat simpel. Cukup memiliki akun Instagram, maka sudah bisa memasarkan produk melalui sosial media Instagram.
Tapi pada prakteknya tidak sesimpel itu. Ada beberapa aspek penting yang perlu kamu perhatikan.
Maksudnya, agar kegiatan marketing yang kita lakukan menggunakan Instagram tidak sembarangan dan tidak membuang-buang waktu. Maka dari itu langkah selanjutnya harus memahami cara kerja Instagram marketing.
Berikut ini adalah dua poin penting cara kerja Instagram marketing:

  • Menggunakan Akun Instagram Bisnis
  • Menggunakan Instagram Ads

Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Cara kerja yang pertama, kamu harus menggunakan akun Instagram Bisnis. Panduan resmi bisa dibaca di halaman resmi Instagram: Cara membuat akun Instagram untuk Bisnis. https://business.Instagram.com/getting-started?locale=id_ID
Kenapa harus menggunakan akun bisnis? Sebab akun bisnis memiliki banyak kelebihan. Jika dibanding dengan akun Instagram biasa.
Sehingga proses marketing menjadi lebih mudah, dan lebih terarah. Alhasil, kamu tidak perlu membuang-buang waktu ketika memasarkan produk menggunakan Instagram.
Apa saja kelebihan akun Instagram bisnis?
Inilah 7 kelebihan akun Instagram bisnis jika dibandingkan dengan akun biasa:

  1. Terdapat statistik grafik pengunjung
  2. Memiliki jangkauan pemirsa yang luas
  3. Memiliki fitur kontak dan alamat
  4. Memiliki fitur menampilkan kategori bisnis
  5. Bisa menganalisis waktu posting yang ramai
  6. Bisa menganalisis target pasar
  7. Memudahkan singkronisasi dengan Instagram Ads

Kelebihan tersebut tidak ada pada akun Instagram biasa. Sehingga menggunakan akun Instagram bisnis sangat direkomendasikan untuk melakukan kegiatan marketing.

Lihat Juga: Makanan yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Ketika Kerja

Menggunakan Instagram Ads

Apa itu Instagram Ads?
Instagram Ads adalah salah satu fitur Instagram premium, di mana pengguna Instagram bisa mengiklankan akunnya agar mendapat jangkauan audiens yang lebih luas.
Singkatnya, Instagram Ads adalah fitur memasang iklan berbayar yang tersedia di Instagram. Fungsinya untuk mendapatkan pemirsa lebih banyak, atau mendapatkan followers potensial.
Kenapa harus menggunakan Instagram Ads?
Jawabannya adalah karena Instagram Ads bisa menyebarkan konten secara luas, meski followers kita masih sedikit. Sehingga promosi akan lebih mudah, terarah, dan tertarget.
Pada Instagram marketing, penggunaan Instagram Ads sangat direkomendasikan untuk promosi awal. Sebab, promosi awal merupakan gebrakan untuk mengenalkan produk yang kita pasarkan. Dan menggunakan Instagram Ads adalah lengkah besar dalam marketing.
Dengan menggunakan (iklan berbayar) Instagram produk kita mudah ditemukan oleh customer. Alasannya itu. Simpel kan, kenapa harus menggunakan Instagram Ads?
Namun perlu kita ketahui, Instagram Ads ini merupakan fitur premium. Sehingga kamu harus menyisihkan budget untuk iklan tersebut.

4. Strategi Instagram Marketing

Jika sudah memahami cara kerja Instagram marketing, selanjutnya harus menyiapkan strategi Instagram marketing.
Kenapa harus menggunakan strategi Instagram marketing?
Karena menurut ilmu marketing, setiap promosi yang dilakukan baik offline ataupun online harus memiliki strategi yang jelas. Strategi ini sangat berguna sebagai pondasi awal, juga sebagai tindak lanjut pengembangan bisnis yang dilakukan.
Tanpa memiliki strategi yang jelas, kegiatan marketing akan tidak terarah. Tidak memiliki, tujuan, tidak ada tarket, dan tidak ada capaian.
Akubatnya? Akibatnya dana yang akan kita keluarkan untuk marketing akan terbuang sia-sia. Dan tentu saja hanya akan membuang-buang waktu.
Maka dari itu strategi marketing sangat kita butuhkan.
Lantas, bagaimana cara menyusun strategi Instagrma marketing?
Pada dasarnya, karena Instagram marketing merupakan salah satu sub Digital Marketing. Maka yang yang harus kamu pelajari adalah materi terkait digital marketing.

5. Optimalisasi Instagram Marketing

Agar akun Instagram Bisnis lebih optimal, maka kamu harus tau cara-cara mengoptimalisasi akun Instagram. Dengan mengoptimalkan akun Instagram, kegiatan memasarkan produk akan lebih bagus dan menarik. Sehingga produk yang akan kita tawarkan menjadi banyak yang minat. Hasilnya, akan meningkatkan penjualan.
Berikut ini adalah cara-cara optimalisasi Instagram marketing yang harus kamu ketahui.

  • Menggunakan Username Unik
  • Membuat Konten yang Menarik
  • Posting Secara Rutin
  • Memanfaatkan Hastage Populer
  • Menggunakan Tool Instagram

Menggunakan Username Unik

Pertama, gunakan username unik. Maksudnya gunakan username yang mudah diingat oleh customer. Username juga harus mewakili keterkaitan dengan brand.
Username yang mudah diingat, memiliki kelebihan tersendiri. Customer jadi bisa menemukan produk yang kamu pasarkan dengan mudah.
Dan usahakan menghindari penggunaan nama yang rumit, atau penggunaan angka dan simbol.

Membuat Konten yang Menarik

Konten yang menarik akan menjadi kelebihan tersendiri. Calon pelanggan tentu akan lebih minat terhadap konten yang menarik dan rapi.
Ini merupakan nilai jual tersendiri. Konten yang asal-asalan, akan dinilai jelek dan kurang profesional.
Maka dari itu, sangat disarankan menggunakan konten yang menarik. Mulai dari gambar yang menarik, atau video yang menarik.
Jika memiliki anggaran untuk promosi, maka sisihkan juga untuk membuat konten yang menarik pada ahlinya. Bisa menggunakan jasa desainer grafis, atau video creator.
Konten yang menarik adalah investasi untuk menarik minat customer.

Posting Secara Rutin

Selain konten yang menarik, kamu harus menjadwalkan postingan. Usahakan posting konten secara konsisten. Setiap hari sangat dianjurkan!
Perhatikan waktu-waktu potensial untuk posting konten. Waktu potensial ini adalah waktu di mana followers anda sedang membuka Instagram.
Nah, apabila sudah menggunakan akun Instagram bisnis, kamu bisa melihat waktu potensial ini.

Memanfaatkan Hastage Populer

Cara optimalisasi Instagram marketing berikutnya adalah dengan memanfaatkan hastag yang sedang populer. Atau hastag yang berkaitan dengan produk yang akan kita pasarkan.
Ini merupakan cara yang lumayan optimal untuk mempromosikan konten. Selain itu, merupakan teknik promosi secara gratisan.
Cara ini cukup membantu, kamu bisa mencobanya!

Menggunakan Tool Instagram

Ada beberapa Tool yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah menggunakan Instagram. Terutama untuk kegiatan Instagram marketing.
Tool-tool ini banyak sekali manfaatnya, seperti untuk menjadwalkan postingan. Untuk melihat jangkauan audiens, untuk melihat postingan populer, untuk mengetahui minat pengikut. Dan banyak lagi kegunaannya. Tiap tool pasti memiliki fungsi yang berbeda.
Adapun Tool yang bisa kamu gunakan yaitu:

  • Instagram insight
  • Union Metrics
  • Squarelovin
  • Latergramme
  • Pixlie
  • PicDeck
  • Ink361
  • Socialbreaker
  • Twtrland
  • Iconosquare

Itulah beberapa tools gratis yang bisa kamu gunakan. Silahkan pelajari lebih dalam. Dan pilih tool yang paling membantu proses marketing.

6. Kesimpulan Instagram Marketing

Dapat kita simpulkan promosi produk menggunakan Instagram masih berpotensi untuk memperluas jangkauan pasar.
Instagram marketing harus memiliki tujuan dan target yang jelas. Sehingga harus memiliki strategi Instagram marketing yang tepat.
Selain itu, harus melakukan optimalisasi akun, agar customer lebih tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
Menggunakan fitur iklan premium alias Instagram Ads, sangat dianjurkan. Terlebih untuk mendongkrak penjual ketika memulai promosi. Dan memulai membangun bisnis.
Maka dari itu, untuk mendapatkan jangakauan yang lebih luas, harus menyisihkan dana lebih untuk biaya promosi. Alias untuk Instagram marketing.
Semoga panduan Instagram marketing ini bisa bermanfaat.

Baca Juga: 7 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia