5/5 - (7 votes)

Toko Buku Online – Puisi dalam dunia literasi merupakan salah satu tema kepenulisan yang kini digeluti banyak penyair. Bahkan mereka menjadikan menulis puisi sebagai pekerjaan utamanya, artikel ini akan membantu bagaimana cara menerbitkan buku puisi milikmu.

Namun agar menulis puisi menjadi sebuah pekerjaan, tentu seorang penyair butuh pembaca untuk apresiasi karyanya. Masalahnya salah satu hal sulit dalam dunia kepenulisan adalah mengumpulkan pembaca.

Salah satu cara agar ada pembaca yang membaca puisi seorang penyair adalah dengan mengumpulkan puisi-puisi tersebut. Lalu disatukan dan dibuat menjadi sebuah buku puisi.

Namun permasalahannya, beberapa penyair kadang-kadang bingung. Mengenai cara yang mesti ditempuh untuk menerbitkan buku puisi yang mereka buat.

Lantas, bagaimana sih caranya supaya penyair bisa menerbitkan buku puisinya?

Jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara menerbitkan buku puisi yang mungkin bisa kamu terapkan:

Baca Juga : Manfaat Membaca Buku Untuk Anak

1. Pilih Dan Kumpulkan Puisimu Menjadi Satu Folder

cara menerbitkan buku puisi
Foto dari IG @sonia.reads

Cara pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menerbitkan bukumu ya, tentu aaja kamu harus punya banyak puisi.

Nah, dari semua puisi-puisi yang kamu buat tersebut, pilihlah yang paling worth it untuk dikumpulkan dan dijadikan sebuah buku.

Sembari mengumpulkan puisi, kamu bisa sambil mengeditnya sedikit demi sedikit. Mengoreksi kata per katanya, tanda bacanya, pengejaannya dan sebagainya.

2. Minta Saran Dan Pendapat Orang Terdekat

cara menerbitkan buku puisi
Foto dari IG @marias.world.of.books

Selanjutnya, ada baiknya kamu meminta saran, komentar dan pendapat orang-orang terdekatmu mengenai puisi yang kamu buat.

Hal-hal seperti ini bisa menjadi sebuah semangat untuk perbaikan puisi-puisimu menjadi lebih baik lagi.

Kamu juga bisa meminta pengeditan tentang kata yang typo kepada temanku yang jeli dan paham mengenai ejaan-ejaan yang benar. Dengan meminta pendapat dan saran, karyamu akan semakin sempurna.

3. Kalau Bisa, Carilah Bantuan Orang-orang Profesional

cara menerbitkan buku puisi
Foto IG @lisreadsalott

Ini tips khusus untuk yang ingin menerbitkan buku di penerbitan indie, ya. Nah, beberapa penulis puisi kadang bingung mengenai pengerjaan rincian buku seperti pembuatan desain cover buku, editor hingga ilustrator buku puisi milikmu.

Dengan mempercayakan kepada orang-orang profesional. Misal seperti mengerjakan desain cover buku kamu meminta bantuan profesionalnya tentunya akan lebih menarik. Ketimbang bikin sendiri.

Kamu juga sebaiknya menyewa editor untuk mengedit naskahmu. Hal ini akan membuat tulisanmu akan menjadi lebih berkualitas dan lebih legan.

Artikel Lainnya : 8 Fakta Tentang Buku

4. Tetaplah Realistis

cara menerbitkan buku puisi
Foto dari IG @sameerareads

Mempublikasikan karya-karya puisi dalam beberapa bentuk publikasi pribadi memang akan membuat kamu menjaring banyak pembaca.

Namun tentunya cara ini juga belum tentu menjadikan kamu terkenal. Dan akan mendapatkan penghasilan besar dari pembuatan buku tersebut.

Semangat itu harus. Namun harus bersiap untuk kecewa meski pembacamu tak sebanyak yang kamu cita-citakan.

5. Terbitkan Puisimu di Buku Kampungku

cara menerbitkan buku puisi
Foto IG @ahungrymind_

Apakah kamu punya kumpulan puisi namun kebingungan bagaimana cara menerbitkannya?

Jangan khawatir. Kamu bisa menerbitkan buku puisimu di Penerbit Buku Kampungku. Di Penerbit Buku Kampungku kamu bisa menerbitkan bukumu dengan cara berbayar hingga gratis!

Nah, itulah beberapa cara menerbitkan buku puisi milikmu. Sebenarnya menerbitkan buku puisi bukan hal yang sulit kok. Asalkan tahu cara-cara yang tepat. Semoga artikel ini membantu, ya!

Lihat Juga : Review Buku Soppy By Philippa Rice