8 Makanan Khas Pekalongan yang Enaknya Bikin Nagih

by Aa Sholah Januari 31, 2023
makanan-khas-pekalongan
4.8/5 - (5 votes)

Tokobuku.co.id – Kini kita akan beralih ke pembahasan tentang makanan khas pekalongan tentunya yang masih ada di kawasan Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Kabupaten Pekalongan? Tak asing lagi, kan dengan kota yang terkenal dengan batiknya ini?

Jika kamu kebetulan sedang berjalan-jalan di kawasan Jawa Tengah kamu bisa mampir di Pekalongan untuk membeli dan mencicipi makanan khas yang ada di kota satu ini.

Sebab, di Pekalongan ada beragam makanan khas yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Jika tak mencicipinya, tentu saja kamu akan rugi sendiri dan akan menyesal ketika sudah sampai rumah.

Artikel Lainnya: 7 Model Gelang Emas yang Mewah dan Elegan

Nah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Simak baik-baik makanan khas Pekalongan yang menggugah selera:

1. Pindang Tetel Khas Pekalongan

Makanan khas Pekalongan yang pertama yang mungkin bisa kamu cicipi adalah pindang tetel khas Pekalongan. Tak sesuai dengan namanya. Justru makanan khas pindang tetel tak mengandung pindang loh.

Alih-alih ada pindangnya justru malah yang di olah adalah tetel sapi. Tak jauh berbeda dengan rawon yang di masak dengan kluek/kluak guna memberikan warna coklat.

Namun yang membuat pindang tetel berbeda dari rawon adalah biasanya pindang tetel ditaburi kerupuk warna-warni yang membuatnya semakin terasa lezat dan menggoyang lidah.

Jika kamu berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya pindang tetel, ya!

2. Kue Lumpang

Makanan selanjutnya yang wajib kamu cicip adalah kue lumpang. Yang merupakan kue tradisional khas Pekalongan sendiri.

Pengolahan kue lumpang biasanya dimasak menggunakan santan kelapa. Digodok hingga mengental. Kemudian dibentuk di sebuah wadah. Tak lupa ditambahkan daun bawang di atas kuenya.

Nantinya kue ini akan di santap dengan di temani dengan parutan kelapa yang bercampur antara gurih dan manis menjadi satu.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Pekalongan berupa jajanan tradisional, mungkin makanan ini cocok untuk kamu.

3. Kue Ongol-ongol Khas Pekalongan

Masih dengan makanan khas berupa kue tradisional. Makanan khas Pekalongan selanjutnya adalah kue ongol-ongol.

Ongol-ongol terbuat dari bahan utama tepung sagu yang di campur dengan gula jawa untuk pelengkap menu agar lebih lezat. Biasanya ketika menyantap di temani dengan parutan kelapa, sama seperti kue lumpang.

Kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional jika kamu ingin mencobanya. Harganya pun terjangkau.

Kamu nggak akan tahan deh, dengan rasanya yang gurih bercampur dengan manis tiada banding.

Baca Juga: Perumahan Di Bogor Yang Murah dan Strategis

4. Sego Megono Khas Pekalongan

Beralih ke makanan berat. Makanan khas Pekalongan satu ini bernama sago megono. Sego dalam Bahasa Jawa berarti nasi.

Sego megono berarti nasi khas Pekalongan dengan di hidangkan bersama dengan olahan sayur nangka muda yang di iris-iris kecil.

Seringnya sego megono di jadikan masyarakat Pekalongan sebagai sarapan pagi. Tapi tetap saja selain bisa di jadikan sarapan, makanan ini juga bisa kok kita jadikan menu makan siang ataupun makan malam.

Kamu bisa menemukan penjual sego megono di sepanjang jalan yang ada di Kota Pekalongan.

5. Lontong Lemprak

Lontong lemprak merupakan makanan khas pekalongan yang memiliki kuah kental yang sangat khas. Menggunakan bumbu rempah nusantara.

Bahan utamanya adalah dari ayam kampung goreng. Goreng ayam ini diberikan bumbu kental. Kurang lebih seperti soto, bedanya makanan dari pekalongan ini menggunakan lontong sebagai pelengkapnya.

6. Tauto Khas Pekalongan

Makanan khas Pekalongan yang hampir mirip dengan soto berikutnya adalah bernama Tauto. Tauto ini lebih unik dari soto, karena di tambah dengan menggunakan Tauto. Jadi unik banget rasanya ada rasa soto dan ada rasa tautonya.

Nah, karena hampir sama dengan soto, jadi sebagai pelengkap tauto pasti mengunakan bahan tambahan daging. Daging yang digunakan bisa merupakan daging sapi, kambing atau daging ayam.

Tauto ini sangat lezat, sangat recommended. Di jamin enaknya nggak ketulungan.

7. Kluban Makanan Khas Pekalongan

Kluban hampir mirip dengan lotek atau urab, kalo di Jawa Barat. Namun kluban sayurannya tersajikan lebih lengkap.

Sayuran rebus yang di gunakan pada makanan khas Pekalongan ini di antarnaya adalah tauge, kol, kacang panjang, bayam dan kangkung. Yang  menjadi pembeda, jika lotek di taburi dengan bumbu kacang, kluban di taburi dengan parutan kelapa.

Kluban rasanya enak. Cocok untuk kamu yang baru berkunjung ke Pekalongan. Wajib mencicipi makanan yang satu ini.

8. Garang Asem Khas Pekalongan

Ketika sedang mampir ke Pekalongan, jangan lupa untuk menikmati lezatnya hidangan garang asem. Menu makanan ini cocok banget di santap ketika makan siang.

Garang asem terbuat dari bahan baku tetelan sapi. Kemudian dilengkapi dengan bumbu kuah asem yang rasanya segar.

Makin lengkap jika kamu nikmati dengan tambahan telur ayam. Oia, jika kamu suka rasa pedas, akan makin segar kamu tambahkan sedikit sambal.

Di jamin, makanan khas ini rasanya bikin nagih dan makan dengan lahap. Silahkan untuk mencicipinya bersama keluarga.

Lihat Juga: 6 Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu

Itulah 8 rekomendasi makanan khas pekalongan yang rasanya enak nggak ketulungan. Kalau kamu main ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencicipi salah satunya. Di jamin bikin kangen Pekalongan. Ciee, kangen.

Social Shares

Dapatkan kejutan yang mendebarkan di email kesayanganmu

Update artikel terbaru, promo, giveaway dan info menarik lainnya :D

Related Articles