Toko Buku Online – Setiap orang pasti pernah diserang penyakit bernama malas. Apalagi para pekerja yang setiap hari menjalani rutinitas yang hampir sama. Kita hanya perlu tahu cara menghilangkan rasa malas bekerja.
Mereka seringkali merasa bosan, jenuh dan tak bersemangat. Akibatnya mereka sering diserang kemalasan yang susah dikendalikan.
Sebuah eksperimen Univesity of Missouri mengatakan bahwa kemalasan adalah bawaan gen. Itu diterapkan pada tikus.Tapi menurut saya, itu tak sepenuhnya benar.
Menurut saya malas itu bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu.
Lihat Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Memiliki Anak
Lalu, bagaimana sih, cara menghilangkan rasa malas bekerja?
Berikut ini ada beberapa hal yang bisa di terapkan ketika kita diserang malas saat bekerja:
1. Cobalah Recheck Why Kamu
Cara pertama untuk mengatasi kemalasanmu dalam bekerja adalah dengan mengecek kembali why yang ada pada dirimu. Sebab konsep Start With Why benar efektif untuk menentukan faktor apa yang bikin malas kerja.
Konsep ini sebenarnya pertama kali dicetuskan oleh Simon Sinek. Nah, kamu bisa menerapkan Start With Why dengan menatap cermin yang ada di kamarmu. Lalu berbicaralah heart to heart kepada diri kamu sendiri. Sebenarnya kenapa sih, aku kok jadi males kerja?
Kalau Why dalam diri kamu sudah kamu temukan jawabannya, kemungkinan kemalasanmu akan berkurang dan kamu akan kembali semangat bekerja.
2. Terapkanlah Konsep IKIGAI
Kamu pernah mendengar sebuah buku yang sempat trending berjudul “IKIGAI”? Di dalam buku tersebut di jelaskan bahwa masyarakat Jepang yang tinggal di Okinawa menerapkan konsep Ikigai dalam bekerja dan bangun pagi.
Lalu apa sih, dasar-dasar IKIGAI? Dasar IKIGAI memiliki empat poin utama. Poin tersebut di antaranya yaitu what you love, what the world needs, what you are good at. Dan yang terakhir, what you can get paid for.
Coba deh, cek kembali empat poin tersebut pada diri kamu. Sebenarnya apa yang kamu senangi? Apa mungkin pekerjaanmu bukan passionmu? Haruskah kamu berpindah karier, misalnya.
Jika kamu sudah menerapkan prinsip dasar IKIGAI, kemalasanmu akan berkurang.
3. Terapkanlah Prinsip The Do Something Principle
Cara menghilangkan rasa malas bekerja selanjutnya untuk mengatasi kemalasanmu dalam bekerja yaitu terapkanlah prinsip The Do Something. Pernah nggak, baca bukunya Mark Manson yang mendunia itu?
Di dalam buku Manson yang berjudul, “The Subtle Art of Not Giving A F*ck” di jelaskan bahwa untuk menghalau kemalasan ketika bekerja, kamu bisa memulainya dari hal yang paling kecil terlebih dahulu dalam menyelesaikan pekerjaanmu.
Manson memberi contoh dirinya sendiri dalam bukunya. Setiap kali dia malas untuk menulis, hal kecil yang sebenarnya penting sebelum melanjutkan menulisnya ya dia memaksakan diri menulis dua tiga kalimat di laptopnya.
Jika sudah menulis meski sedikit, justru itu yang membuat semangatnya naik lagi. Dan tentu ini akan berdampak pada menulisnya yang kembali maksimal.
Kamu juga bisa melakukan ini. Jika pulang kerja kamu malas karena memilih goleran sembari main smartphone dulu, bisa jadi kamu malah akan tertidur. Padahal, to-do-list yang ada di papanmu masih menumpuk.
Coba deh, mandi dulu saja. Hal sederhana yang sebenarnya penting ini jika di terapkan perlahan akan mengurangi rasa malasmu.
Badanmu bugar, semangatmu naik dan kerjamu menjadi optimal. Ingat, ya. Motivasi tumbuh dari aksi kecil yang terpaksa kamu lakukan.
Artikel Lainnya: Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan untuk Seorang Karyawan
4. Susunlah to-do-list dan Patuhi!
Membuat to-do-list dalam pekerjaan adalah hal yang sangat penting. Ini akan memudahkan kita untuk mengingat apa yang harus di kerjaan. Pula, kita akan tahu apa yang mestinya di kerjain duluan dan apa yang mesti di kesampingkan.
Coba pakailah sebuah tools bernama Eisenhower Box. Di dalam tools ini pekerjaanmu akan dikategorikan dalam empat bagian:
- Penting dan mendesak
- Penting tapi tidak mendesak
- Tidak penting tapi mendesak
- Tidak penting dan tidak mendesak
Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Keep yang disediakan Google. Google Keep sengaja dirancang Google untuk memudahkan mencatat hal-hal penting dan tak khawatir hilang karena sudah sinkron dengan akun Google kita di HP.
Untuk aplikasi lain kamu bisa memakai Trello. Trello biasa dipakai untuk to-do-list tim dalam perusahaan start-up. Sebab Trello bisa terhubung satu sama lain.
5. Bergaullah dengan Lingkungan Positif
Pernah mendengar istilah mendekat dengan penjual minyak wangi kita jadi ikutan wangi? Meskipun kita tak memakai minyak wanginya.
Nah, agar tak malas bekerja memang cara efektifnya sebaiknya kita bergaul dengan lingkungan yang di dalamnya minim orang-orang malas. Kamu akan ikut semangat karena teman di sebelahmu juga semangat.
6. Jangan Malas!
Sebenarnya satu-satunya cara menghilangkan rasa malas bekerja tuh ya, jangan malas bekerja!
Ya caranya gimana, bosqueee biar nggak malas?
Kan udah di sebutin di atas.
Nah, itulah tips-tips agar kamu tak malas bekerja. Semoga setelah membaca ini kemalasanmu segera mereda. Semangat qerja bagai quda!
Baca Juga: Cara Hemat Uang Untuk Anak Kost