10 Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer

5/5 - (5 votes)

Tokobuku.co.id – Masih membahas mengenai makanan khas yang ada di Jawa Tengah, kali ini saya akan membahas mengenai makanan khas Purbalingga, yaitu yang ada di salah satu Kota Ngapak: Purbalingga.

Apakah dalam waktu dekat kamu ingin mengunjungi Purbalingga? Atau mungkin kini kamu sedang berada di sana dan bingung ingin mencicipi makanan khas Purbalingga yang kayak gimana?

Memang, jika kita mengunjungi Purbalingga tapi tak mencicipi kuliner makanan khasnya, rasanya kurang sempurna deh. Pasalnya, makanan Purbalingga itu lezat-lezat dan bikin nagih.

Artikel Terkait: 10 Makanan Khas Cilacap Terpopuler dan Enak di Lidah

Lalu, apa saja sih makanan khas Purbalingga yang bisa kita cicipi ketika mampir di kota ini?

Nah, buat kamu yang ingin berselancar untuk mencicipi kuliner Purbalingga, berikut ini adalah makanan khas yang wajib kamu coba:

1. Tempe Mendoan Purbalingga

Makanan khas pertama yang wajib kamu cicipi ketika mampir di Purbalingga adalah tempe mendoan Purbalingga.

Mendoan khas Purbalingga adalah tempe yang diiris tipis kemudian dicelupkan ke dalam tepung yang sudah dibumbui rempah khas seperti ketumbar, bawang putih dan garam. Tak lupa juga irisan dengan daun bawang.

Kamu bisa menemukan mendoan Purbalingga di pinggir jalan. Karena memang banyak yang menjualnya. Harganya juga terjangkau. Hanya sekitar seribu rupiah saja.

2. Gecot Khas Purbalingga

Pengolahan gecot hampir mirip dengan pengolahan lontong tahu dari Blora. Bedanya, gecot itu dimakan bersama dengan ketupat.

Gecot biasanya di sajikan bersama dengan kecambah rebus, kol mentah, tahu goreng dan kol mentah.

Setelah semua diiris, lalu di siram dengan sambal kacang yang khas. Dan gecot siap di santap.

3. Gulai Melung Khas Purbalingga

Makanan selanjutnya berupa gulai melung. Bahan utama dari gulai melung adalah daging kambing. Tak hanya dagingnya, di dalam gulai melung juga ada babat, kaki kambing, jeroan dan kepala kambing.

Intinya sih, semua yang ada pada kambing dimanfaatkan. Biasanya gulai kelung akan kita makan bersama dengan ketupat. Cita rasanya yang khas membuat gulai melung selalu dicari banyak pelanggan.

Kamu bisa menemukannya di  warung gulai Bu Hadi di daerah Larangan, Pengadegan. Untuk masalah harga, seimbang kok, dengan kelezatannya. Hanya sekitar 15 ribu saja!

4. Es Durian Purbalingga

Beralih ke makanan khas berupa minuman. Kamu bisa mencoba es durian khas Purbalingga. Sebab, seperti berasa kurang pas jika berkunjung ke Purbalingga tapi tak mencicipi es duriannya.

Untuk menambah kesegarannya, es durian memakai serutan es batu. Tak lupa, lezatnya daging durian ini disiram dengan santan dan gula merah.

Kamu bisa menemukan es durian yang enak di warung Pak Kasdi di daerah Tugu Bancar. Harga semangkuknya di patok sekitar 15 ribu satu mangkoknya.

5. Sroto Kriyik Purbalingga

Sroto atau soto kriyik biasa di sajikan bersama sambal kacang manis pedas. Bedanya, jika di daerah lain sroto ditemani dengan nasi, sroto kriyik bersama dengan ketupat.

Selanjutnya sroto ditaburi suwiran daging dan krupuk yang sudah diremas-remas. Disebut sroto kriyik karena tulang lunak dari dagingnya di goreng kering dan dijadikan lauk. Makanya, disebutnya sroto kriyik. Harganya hanya sekitar 10 ribu-an saja. Terjangkau, kan?

Baca Juga: 8 Tips Agar Berbisnis Menyenangkan Untuk Seorang Pemula

6. Ondol-ondol Purbalingga

Ondol-ondol merupakan makanan khas Purbalingga berupa jajanan berat. Yang terbuat dari singkong yang dilembutkan.

Bentuknya seperti kelereng namun agak lebih besar. Setelah dibentuk, ondol-ondol akan dilumuri bumbu khas dan selanjutnya digoreng.

Coba deh, jajanan khas Purbalingga satu ini. Saya jamin ini akan membuat lidahmu bergetar deh!

7. Nopia Khas Purbalingga

Selanjutnya makanan khas Purbalingga yang masih berupa jajanan. Sebuah kue khas yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu.

Bentuknya bulat dan memiliki banyak sekali varian rasa di dalamnya. Misalnya saja varian keju, gula merah dan susu.

Nopia terbuat dengan cara menempelkannya di dinding gentong. Unik, kan? Harganya pun hanya sekitar rata-rata 8 ribu-an. Tergantung varian rasanya.

8. Buntil Khas Purbalingga

Buntil adalah makanan khas Purbalingga yang terbuat dari bahan utama daun pepaya dan daun singkong. Banyak sekali wisatawan yang berburu makanan satu ini.

Isi dari buntil berupa kepala yang telah berbumbu rempah seperti bawang, cabe, lengkuas, garam dan sebagainya. Cocok sekali jika kita makan bersama dengan nasi hangat.

Kamu bisa menemukan buntil di pasar-pasar tradisional saat pagi hari. Harga per porsinya pun hanya sekitar 5 ribu rupiah saja. Murah, kan?

9. Sate Blater Khas Purbalingga

Disebut sate blater karena makanan khas satu ini berasal dari salah satu desa di Purbalingga bernama Desa Blater.

Sate Blater biasanya akan kita makan dengan lontong. Yang bikin unik adalah pengolahan sate blater yang lama.

Sebelum dibakar, sate ini direndam dulu dengan bumbu khusus. Kemudian ketika membakarnya pun sate ini dilumuri bumbu lagi berulang kali hingga bumbunya benar-benar meresap.

Rasanya tak kalah lezat. Bahkan sate ini bisa bertahan hingga tiga hari karena pengolahannya yang lama. Harganya hanya sekitar 12 ribu-an per porsi.

10. Soto Bancar Purbalingga

Selain sroto kriyik, sroto atau soto khas lain di Purbalingga adalah soto bancar. Biasanya soto bancar porsinya besar. Bahkan satu porsi bisa untuk dua orang.

Karena porsinya besar, harga yang di patok sekitar 20 ribu per mangkok besarnya. Jika kamu berada di daerah Bancar Purbalingga, kamu bisa sekali mencicipi makanan khas satu ini!

Itulah beberapa makanan khas Purbalingga yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Kamu bisa mencoba dua atau tiga makanan khas Purbalingga jika mampir, ya. Selamat berwisata kuliner!

Lihat Juga: Gaji UMR S1 Bisa untuk Apa Saja Sih?