Toko Buku Online – Tak bisa dipungkiri, kini manfaat sosial media untuk bisnis sangat berpengaruh. seringnya lebih memiliki kekuatan besar ketimbang melakukan promosi di marketplace-marketplace. Jika kamu perhatikan, beberapa produk-produk bisnis dikenal brand-nya dari sosial media mereka seperti Instagram dan atau Twitter, misalnya.
Cara untuk berpromosi di sosial media biasanya mereka sengaja menarik orang-orang dengan menyajikan postingan-postingan berupa edukasi dalam hal tertentu, ataupun informasi terkini. Bagi kamu yang memiliki bisnis tertentu, mungkin dengan promosi di sosial media menjadikan produkmu semakin terkenal dan meluas.
Baca Juga: 5 Manfaat Bisnis Franchise untuk Calon Pengusaha
Berikut ini adalah 6 manfaat sosial media untuk bisnis yang sedang kamu jalani, pastikan kamu menyimaknya:
1. Sosial Media Untuk Berbagi Pengetahuan
Jika kamu memiliki bisnis dengan produk-produk barang-barang tertentu seperti shampo, misalnya. Di sosial media, kamu bisa membagikan pengetahuan terkait kesehatan rambut dan manfaat-manfaat dari produk shampo yang sedang kamu jual. Dengan memberikan pengetahuan akan manfaat shampo, nanti orang-orang akan tertarik untuk mencoba membeli produk shampomu karena ingin merasakan manfaat dari shampo tersebut juga.
Ternyata, produk yang promosinya mengandung unsur pengetahuan lebih menarik para konsumen loh, dibandingkan dengan produk yang memberikan tak ada pengetahuannya.
2. Sosial Media Mampu Menjangkau Community
Kini, dengan beragam jenisnya sosial media seorang pebisnis bisa memromosikan produknya melalui komunitas-komunitas tertentu di sosial media yang bersangkutan. Sebab kita mengetahui, bahwa sosial media adalah wadah dimana orang-orang dengan komunitas dan minta tertentu bisa berkumpul dalam satu forum. Jadi, tak aneh lagi jika sosial media adalah tempat yang tepat untuk promosi produk dengan baik.
3. Sosial Media Digunakan Untuk Give Away Atau Lomba
Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, give away dan lomba-lomba tertentu yang diadakan oleh suatu produk bisnis menjadi salah satu cara jitu untuk memperkenalkan sebuah produk. Dan tempat paling efektif untuk mengadakan acara-acara tersebut tentu saja sosial media. Sebab, hampir semua orang pasti menyukai hadiah.
Dengan mengadakan give away atau lomba tertentu, akan meningkat pesat target konsumen kamu. Misalnya saja, jika kamu menjual barang-barang make up, adakan saja give away produk make-up tertentu yang kamu jual. Mudah, kan?
4. Sosial media Tersedia Layanan Iklan
Berikutnya, manfaat sosial media untuk bisnis yaitu agar lebih mudah beriklan. Biasanya, pada sosial media seperti Instagram dan Facebook, di sana ada fasilitas-fasilitas untuk beriklan berbayar yang bisa kita manfaatkan untuk promosi produk-produk milikmu. Misalnya saja Facebook. Di Facebook kamu akan disediakan fitur-fitur beriklan antara lain, page post ads Facebook, CPC atau sponsored stories untuk memromosikan produkmu. Selain itu, kamu juga bisa endorsement. Artinya, kamu bisa promosi produkmu pada seleb-seleb yang followersnya jutaan dengan membayar sejumlah biaya.
Lihat Juga: Kesalahan Tentang Konsep Ekonomi Syariah
5. Sosial Media Memanfaatkan Status
Manfaat selanjutnya sosial media untuk kepentingan bisnismu adalah kamu bisa promosi produkmu dengan mengunggah status-status di sosial mediamu dengan kemasan yang seru dan menyenangkan sesuai kreatifitasmu sendiri. Tapi perlu diingat, ya. Jika kamu melakukan promosi produk di sosial media, gunakanlah waktu secara teratur dengan membuat sebuah jawal postingan produk. Misalnya saja kamu akan memosting produkmu pada pagi jam tujuh, kemudian di jam-jam makan siang dan jam-jam maghrib. Jangan sampai status promosi produkmu bikin orang risih dan justru merasa terganggu.
6. Sosial Media Membuat Konsumen Lebih Dekat Dengan Produk
Jika kamu memiliki bisnis di bidang jasa agen pariwisata, maka sosial media adalah tempat efektif untuk mengenalkan produk wisatamu agar lebih dekat dengan konsumen. Misalnya saja, ada seorang wisatawan yang ingin berlibur ke Baliāsebuah jasa wisata yang kamu tawarkan. Maka, tentu saja konsumen wisatawan tersebut akan bertanya-tanya terkait apa saja tempat-tempat wisata di Bali, serta tips-tips ketika berlibur ke sana kepadamu.
Nah, tempat efektif untuk bertanya tentu saja adalah sosial media ketimbang di tempat pemasaran konvensional. Dan ini akan membuat hubungan konsumenmu dengan produk/jasanya menjadi lebih dekat.
Itulah beberapa manfaat sosial media untuk bisnis yang sedang kamu jalani. Meskipun kadang promosi di sosial media butuh waktu yang lama dan terasa sulit, jika kamu melakukannya dengan konsisten dan tepat, hasil yang kamu perolehpun akan maksimal. Selamat mencoba!
Artikel Lainnya: 7 Tempat Berjualan Online Barang Bekas