11 Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan Agar Bisnis Tetap Jaya

5/5 - (6 votes)

Toko Buku Online – Pelanggan adalah aset pada sebuah bisnis. Pelanggan merupakan konsumen yang membeli produk kita dengan beragam alasan. Kita sebagai penjual tentunya harus tahu bagaimana cara menjaga loyalitas pelanggan, agar bisnismu tetap maju.

Namun, jika sudah menjadi pelanggan tetap. Ia akan berulang kali membeli produk yang kita jual. Tanpa banyak pertimbangan atau alasan lagi.

Sehingga, menjaga pelanggan adalah menjaga aset berharga pada bisnis. Karena, dengan adanya pelanggan—kamu bisa terus meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, menjaga loyalitas konsumen itu sangat penting. Agar bisnis bisa terus berjaya. Dan makin melejit dari hari ke hari.

Baca Juga: Ampuh! 6 Cara Menarik Perhatian HRD Ketika Job Hunting

Lalu, Bagaimana cara seorang wirausaha mempertahankan kesetiaan para konsumennya?

Inilah 10 cara menjaga loyalitas pelanggan agar bisnis semakin maju:

1. Membuat Produk yang Berkualitas

menjaga loyalitas pelanggan
Foto dari Elemen Envato

Cara pertama, kamu harus membuat produk yang berkualitas. Usahakan tidak membuat produk kaleng-kaleng. Produk yang memiliki kualitas bagus, akan dikenang oleh pelanggan. Sehingga pelanggan tidak ragu untuk membeli produk untuk kedua kalinya. Atau lebih.

Selain itu, produk yang berkualitas akan menciptakan Brand Image yang baik dikemudian hari. Sehingga pelanggan mengenang produkmu karena kualitasnya. Bukan karena harganya.

2. Menciptakan Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik antara penjual dan pembeli. Tak aneh, pada dunia marketing ada materi tentang “Komunikasi Bisnis”. Komunikasi bisnis juga dipelajari secara formal, seperti di beberapa jurusan di perkuliahan.

Selaku seorang wirausahawan—tentu kamu juga harus mempelajari komunikasi bisnis. Khususnya komunikasi dengan pelanggan.

Ciptakan komunikasi dua arah. Sehingga pelanggan bisa mengenal brand kita dan kita bisa menampung aspirasi dari pelanggan.

Dengan demikian, kamu bisa menjaga loyalitas pelanggan dengan mudah. Salah-satunya dengan menjaga komunikasi dan etika.

3. Memberikan Tawaran yang Menarik

Jika kamu sering memperhatikan barand yang sudah ternama, pastinya sedikit ngeuh—bahwa mereka sering menciptakan tawaran-tawaran yang menarik.

Dengan menghadirkan tawaran yang menarik, pelanggan bisa semakin kepincut dengan produk yang kamu tawarkan. Sehingga mereka akan semakin loyal. Dan terus-menerus berlangganan.

Banyak cara menciptakan tawaran yang menarik. Dan kamu bisa belajar daribrand yang sudah terkenal.

Contohnya seperti:

  • Tawaran beli dua gratis satu;
  • Sistem poin ketika pelanggan membeli;
  • Menghadirkan paket pembelian;
  • Tawaran Discount;
  • Memberikan hadiah/merch.

Dan masih banyak lagi tawaran-tawaran menarik yang bisa diciptakan agar pelanggan semakin loyal.

4. Memberikan Kemudahan Bertransaksi

menjaga loyalitas pelanggan
Foto dari Elemen Envato

Cara transaksi yang mudah, akan memnjadikan pelanggan semakin nyaman. Saat ini, banyak metode transaksi pembayaran yang bisa dilakukan.

Selain transaksi offline kamu harus mengikuti perkembangan zaman dengan menerima transaksi online. Seperti menggunakan e-wallet atau dompet digital. Atau internet banking.

Semakin mudah bertansaksi, makan semakin nyaman pelanggan. Dan semakin nyaman pelanggan, artinya mereka akan semakin loyal kepada bisnis kita.

5. Ciptakan Hubungan Saling Menguntungkan

Mungkin kamu pernah dengar istilah “pembeli puas, pedagang senang”.

Pembeli puasa dengan produkmu, dan kamu senang mendapatkan keuntungan.

Nah, ini bisa dikatakan hubungan saling menguntungkan antara wirausahawan dengan konsumen. Ketika ada hubungan yang saling menguntungkan, maka secara tidak langsung dapat menjaga loyalitas pelanggan.

Jangan kecewakan pelangganmu, ciptakan produk dan pelayanan yang baik. Agar sama sama untung, sama-sama senang.

6. Membentuk Tim yang Berkualitas

Berikutnya, yang tak kalah penting adalah mempekerjakan karyawan yang ramah. Atau kamu bisa membentuk (tim yang berkualitas).

Faktor kepuasan pelanggan adalah adanya pelayanan yang ramah. Maka dari itu usahakan selektif ketika merekrut karyawan.

Kalu bisa yang sudah berpengalaman. Atau yang memiliki kemampuan dibidangnya masing-masing. Sesuai penempatan posisi pada usahamu.

7. Membangun Circle Community

Kamu pernah dengar ada komunitas “pengguna mobil X”? atau komunitas “pecinta makanan Y”? Atau, komunitas sejenis lainnya—yang terhimpun karena menggunakan produk yang sama.

Nah, ini bisa menjadi alternatif menjaga loyalitas pelanggan. Ciptakanlan komunitas yang berhubungan dengan produkmu.

Jika sudah memiliki komunitas, kamu bisa mengadakan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Bangun emosional yang kuat melalu komunitas. Dan hasilnya pelanggan akan semakin loyal terhadap produkmu.

Lihat Juga: Cara Mencari Pelanggan Lewat Internet untuk Bisnismu

8. Adanya Transparansi Biaya

Transparansi biaya, bukan berarti memperlihatkan semua biaya produksi. Atau memberi tahu modal awal.

Maksudnya adalah kamu harus transparan terhadap harga yang diberikan. Semisal; apabila ada biaya pajak, maka beri tahu pelanggan. Bahwa total harga tersebut sudah termasuk biaya pajak.

Atau biaya lainnya, selain harga produk. Biaya ongkos kirim, misalnya.

Nah, dengan transparan terhadap biaya-biaya ini, pelanggan akan semakin loyal. Dan tentunya mereka tidak akan kecewa.

9. Menerima Kritik dan Saran

Pada beberapa moment, ada saja pelanggan yang ingin komplen terhadap produk kita. Namun, biasanya mereka tidak tau harus komplen ke mana. Sehingga tidak bisa menyalurkan kritik dan sarannya.

Padahal, kritik dan saran juga penting. Sebagai masukan dari pihak konsumen. Tujuannya adalah untuk memperbaiki produk dan membuatnya lebih baik lagi.

Maka dari itu, berilah layanan kritik dan saran. Ini bisa menjaga loyalitas pelanggan agar mereka tidak kecewa.

10. Donasikan Sebagian Keuntungan

menjaga loyalitas pelanggan
Foto dari Elemen Envato

Program donasi dari sebuah perusahaan—juga bisa menarik simpati pelanggan.

Kamu bisa mendonasikan sebagian keuntungan pada lembaga-lembaga yang menyalurkan ke pihak yang membutuhkan. Atau bisa juga dengan berdonasi secara langsung pada pihak yang memerlukan.

Program donasi ini tidak akan membuatmu rugi, selain bisa menarik loyalitas pelanggan. Tentu, kamu juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

11. Jangan Ceroboh pada Pelanggan

Poin yang terakhir, sebagai tambahan. Tentu saja jangan ceroboh pada pelanggan. Sikap yang ceroboh bisa berakibat fatal. Akhirnya, mereka kecewa.

Betul tidak?

Demikianlah beberapa tips menjaga loyalitas pelanggan agar bisnis tetap jaya. Dan produkmu bisa berkesan di hati pelanggan. Kamu bisa mempraktikannya, dari poin satu sampai sebelas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Sumber Modal Usaha dan Cara Memperolehnya